Dewan Pers SinPo

Legislator Gerindra Dorong Pemerintah Siapkan Strategi Pemulihan Korban Bencana

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 26 November 2022 | 17:09 WIB
Korban gempa Cianjur di tenda darurat (SinPo.id/IDI)
Korban gempa Cianjur di tenda darurat (SinPo.id/IDI)

SinPo.id -  Anggota Komisi VIII DPR RI Abdul Wachid mendorong pemerintah tak hanya fokus pada penanganan saat terjadi bencana. Pemerintah juga diharap menyiapkan strategi untuk pemulihan korban bencana.

"Dalam penangan korban saya berharap tidak hanya saat terjadi bencana, akan tetapi pascabencana justru sangat penting," kata Wachid saat dihubungi SinPo.id, Jakarta, Sabtu, 26 November 2022.

Menurut dia, penanganan pascabencana kadang luput dari perhatian pemerintah. Padahal, korban sangat membutuhkan bantuan mulai dari infrastruktur hingga ekonomi.

"Para korban bencana sangat membutuhkan perhatian dari mulai infrastruktur sarana prasarana sampai persoalan membangkitkan ekonomi," ujar Wachid menambahkan.

Meski begitu politisi Gerindra ini mengacungi jempol kerja aktif pemerintah terhadap korban gempa di Cianjur, Jawa Barat. Dia menilai pemerintah telah maksimal menurunkan bantuan yang dibutuhkan para korban.

Termasuk kebijakan Presiden yang sudah perintahkan semua pembantunya segera menangani masalah bencana bersamaan di beberapa daerah, seperti kondisi bencana gempa di Cianjur sekarang ini.

Selain pemerintah pusat, Wachid menyebut perhatian terhadap para korban juga diberikan oleh banyak pemerintah daerah lain. Termasuk, legislator Gerindra di Senayan dan daerah yang bergotong royong menyisihkan gajinya untuk meringankan duka para korban.

"Para anggota dewan di kabupaten/kota dari Partai Gerindra di instruksikan oleh Bapak Prabowo Subianto untuk menyisihkan gajinya untuk membantu para korban," kata Wachid menegaskan.sinpo

Komentar: