Dewan Pers SinPo

Baik Untuk Kesehatan, Ini Beberapa Manfaat Menanam Pohon di Sekitar Hunian

Laporan: Zikri Maulana
Minggu, 27 November 2022 | 06:30 WIB
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)

SinPo.id -  Pohon bermanfaat bagi lingkungan sekitar, terutama fungsi mengurangi polusi udara. Keberadaan pohon di lingkungan tempat tinggal juga berpengaruh bagi kesehatan makhluk hidup lainnya, terutama manusia.

Berbagai manfaat pohon yang tumbuh di lingkungan bisa dirasakan, seperti menghilangkan jenis polusi udara yang berbahaya bagi paru-paru, yaitu partikel akibat dari polusi yang cukup tinggi terutama di kota-kota besar.

Dokter Fadhli Rizal Makarim, dikutip dari Halodoc Minggu 27 November 2022 menyebutkan daun suatu pohon dapat menyaring polusi berbahaya, terutama area yang berdekatan dengan tempat pohon ditanam. Semakin banyak pohon yang ditanam, risiko untuk mengalami penyakit pernapasan dapat berkurang.

"Ada banyak sekali manfaat dari menanam pohon bagi kesehatan manusia. Beberapa contohnya mendapatkan udara yang lebih bersih, serta menahan suhu panas berlebih," kata Fadhli.

Sejumlah manfaat menanam pohon dilansir dari laman Halodoc sebagai berikut di antaranya meningkatkan kesehatan Kardiovaskular. Hal itu mengacu beberapa sumber yang menyebutkan jika seseorang yang tinggal di area yang banyak pepohonan memiliki kardiovaskular lebih sehat, dibandingkan dengan yang tinggal di area kurang hijau.

Hal ini disebabkan pepohonan yang dapat menghilangkan stres, sehingga mendorong seseorang melakukan aktivitas fisik lebih teratur.

Selain itu keberadaan pohon dalam lingkungan sekitar dinilai mampu meningkatkan sistem imunitas.

Pohon juga dapat melepaskan zat bermanfaat bagi tubuh, yaitu phytoncides. Bahan kimia ini dilepaskan oleh pepohonan dan tumbuhan, sehingga sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik, terutama pada sel pembunuh alami.

Keberadaan pohon secara psikis juga diyakini mampu mengurangi tingkat stress, karena saat berada di lingkungan yang asri dan penuh dengan pepohonan. Hal itu terjadi saat sistem saraf parasimpatis secara bertahan mengambil kendali, lalu menurunkan tekanan darah, denyut nadi, serta tingkat kortisol. Sehingga, suasana hati menjadi lebih baik.

Efek positifnya adalah dapat menurunkan tingkat stres, depresi, kecemasan, hingga kabut mental. Maka dari itu, saat berada di lingkungan yang penuh dengan pohon, seseorang kerap merasa bahagia, lebih rileks, dan sehat secara mental juga fisik.

Pohon dikenal menyediakan sumber makanan bergizi dari buah yang dihasilkan. Secara langsung banyak menanam pohon juga dapat meningkatkan ketahanan pangan, sebab dapat menjadi sumber makanan bergizi yang mudah diakses.

Kebun buah di perkotaan yang memang terencana dengan baik dapat menjadi cara efisien untuk memenuhi makanan yang kaya nutrisi secara terjangkau.

Pohon mengurangi efek pemanasan global ketika dunia semakin panas dan menjadi salah satu ancaman terbesar bagi manusia. Penanaman pohon di perkotaan yang terencana dengan baik dapat membantu dalam mengurangi tekanan panas di perkotaan. Bahkan, penurunan suhu pada suatu daerah yang banyak ditanam pohon bisa mencapai 2°C atau bahkan lebih.sinpo

Komentar:
Aplikasi Sinpo
POJOK SINPO
Koran Sin Po edisi 14 Januari 1939 menulis berita “Super Microscoop”. Laporan tekhnologi itu menyebutkan laboratorium Jtlectron-Optisch dari Siemens & Halske di Duitschland telah telah mengumumkan satu temuan tekhnologi yang mampu melihah micro-organisme dan benda micro-inorganisch yang disebut alat super-microscoop.
- Koran Sin Po
BERITATERPOPULER