Layanan Jemput Izin Bermotor DKI Jakarta Menginspirasi Birokrat Kamboja

Laporan: Zikri Maulana
Minggu, 27 November 2022 | 06:39 WIB
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)

SinPo.id -  Layanan Antar Jemput Izin Bermotor (AJIB) Pemprov DKI Jakarta menjadi inspirasi Direktur Jenderal Administrasi Kementerian Dalam Negeri, Pemerintah Kerajaan Kamboja. Salah satu layanan publik  di Ibu Kota Jakarta itu dinilai sangat praktis dan memudahkan masyarakat mengajukan perizinan.

"Terlebih pelayanan AJIB ini sangat menginspirasi saya,” kata Direktur Jenderal Administrasi Kementerian Dalam Negeri, Pemerintah Kerajaan Kamboja, H.E. Prak Sam Oeun, saat kunjungan kerja bersama Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pemprov DKI, di Mal Pelayanan Publik Provinsi DKI, di Jakarta Selatan.

Prak juga mengapresiasi layanan publik Ibu Kota lainnya, khususnya pengembangan inovasi layanan penyelenggaraan pelayanan publik dan transformasi digital. Ia berharap Kamboja dapat terus bekerja sama lebih lanjut dengan Pemprov DKI Jakarta terkait inovasi pelayanan publik.

Kepala DPMPTSP DKI Jakarta, Benni Aguscandra, menyambut baik kunjungan kerja Kemendagri Pemerintahan Kerajaan Kamboja beserta jajarannya tersebut.

DPMPTSP telah menunjukkan berbagai inovasi layanan publik yang diterapkan di Jakarta, seperti layanan perizinan/nonperizinan, aktifitas layanan konsultasi/penyuluhan, layanan pendidikan, haji, umroh, dan pelayanan urusan agama Islam, sampai dengan pelayanan Kementerian/Lembaga, BUMN, serta BUMD.

“Semoga pengalaman yang kami bagikan dapat bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi pemerintahan Kerajaan Kamboja dalam penyelenggaraan pelayanan publik di negaranya,” kata Benni.

Menurut Benni, melalui kunjungan kerja ini diharapkan kedua negara dapat terus menjalin hubungan kerja sama bilateral dan saling belajar berbagai pengalaman, dalam penyelenggaraan pelayanan publik kepada masyarakat.sinpo

Komentar: