Gempa Cianjur Bukan Bencana Nasional, Komando Satgas diemban Bupati

Laporan: Khaerul Anam
Minggu, 27 November 2022 | 20:44 WIB
Pengungsi akibat gempa di Kabupaten Cianjur, (Sinpo.id/IDI)
Pengungsi akibat gempa di Kabupaten Cianjur, (Sinpo.id/IDI)

SinPo.id -  Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut gempa Cianjur termasuk kategori bencana daerah bukan nasional. Dengan demikian, ketua satuan tugas (Satgas) penanggulangan gempa akan diemban oleh Bupati Cianjur Herman Suherman.

"Itu berdasarkan Instruksi Presiden bahwa bencana daerah Itu otomatis Pak Bupati menjadi komandan Satgas dibantu wakilnya adalah komandan Kodim dan Kapolres," kata Kepala BNPB Suharyanto dalam konferensi pers virtual, Minggu, 27 November 2022.

Suharyanto menjelaskan Bupati Cianjur Herman Suherman akan menjadi kepala Satgas tujuh hari setelah peristiwa terjadi atau pada Senin, 28 November besok. Hal itu juga sesuai dengan ketentuan Kementerian Dalam Negeri pada Surat Edaran per 16 Februari 2019.

Selain itu, Bupati juga bisa menunjuk komandan Kodim menjadi petugas lapangan bersama Kapolres. Dengan begitu, aparat di daerah Kabupaten Cianjur nanti secara perlahan bakal memegang komando.

Meski begitu, Suharyanto menegaskan pemerintah pusat akan terus mendampingi dan memberikan bantuan secara optimal.

"Mulai besok Pak Bupati akan memegang kendali penuh terkait pelaksanaan tugas di lapangan terkait pencarian dan pertolongan, terkait dengan penanganan pengungsi, evakuasi, termasuk pada saat nanti pembangunan rumah-rumah yang rusak," katanya.sinpo

Komentar: