MAN 1 Malang Juara Lomba Debat Nasional

Laporan: Sinpo
Senin, 28 November 2022 | 04:01 WIB
Tim Debat MAN 1 Malang terima penghargaan (Kemenag.go.id)
Tim Debat MAN 1 Malang terima penghargaan (Kemenag.go.id)

SinPo.id -  Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Malang menjadi yang terbaik pada Lomba Debat Nasional. Kompetisi ini digelar oleh Universitas Negeri Surabaya, 26-27 November 2022, di Surabaya.

Tim debat MAN 1 Malang masuk babak final setelah menyingkirkan 32 tim lainnya dari berbagai SMA/MA se-Indonesia. Tim tersebut terdiri atas Ahmad Fahrizal Ilham, Al Firly Faiqotul Varda, dan juga Salma Lailatul Izza. Di babak final, mereka bersaing dengan tim debat dari SMAK Vlateran Surabaya, SMA Al Hikmah Surabaya, dan SMAN 4 Denpasar.

Lomba debat ini mengusung tema “Pancasila Sebagai Pedoman Peran Pemuda dalam Menitih Kemajuan Negara Bangsa”. Ilham mengatakan, tema tersebut cukup menarik dan menantang bagi pelajar. Sebab, mereka diminta mengulas lebih jauh dan memiliki perspektif baru terkait peran pemuda Indonesia dalam kemajuan negara dan bangsa.

“Dalam memersiapkan perlombaan ini, kami mencoba mendalami kemampuan critical thinkingnya dengan banyak membaca topik-topik yang berkaitan dengan tema tersebut,” ujar Ilham, seperti dilansir laman kemenag.go.id.

Hal senada disampaikan Salma Lailatul Izza. Selain membaca dan menganalisis, persiapan juga dilakukan dengan mengadakan simulasi debat yang dilaksanakan hampir setiap hari sampai perlombaan dimulai. 

“Kami juga belajar berpikir dari banyak sisi, baik dari sisi pro maupun kontra sehingga bisa lebih membuka pemikiran dalam perlombaan,” ujar peserta didik yang duduk di kelas 10 ini.

Prestasi ini juga tidak lepas dari peran pembina. Adalah Ifa Afida, pembina debat MAN 1 Malang ini mengaku tak pernah lelah melatih tim debat. Ifa Afida juga mendampingi para siswanya berlomba di Surabaya.

Hasil kerja keras ini, Tim Debat MAN 1 Malang meraih Juara 1 dan Best Speaker. Ini adalah prestasi lomba debat tingkat nasional kedua yang diraih dalam dua bulan terakhir.sinpo

Komentar: