Komisi I DPR: KSAL Yudo Calon Kuat Jadi Panglima TNI

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 28 November 2022 | 13:56 WIB
KSAL Laksamana Yudo Margono/ SinPo.id/ Ari
KSAL Laksamana Yudo Margono/ SinPo.id/ Ari

SinPo.id - Anggota Komisi I DPR RI Bobby Adhityo Rizaldi mengamini KSAL Laksamana TNI Yudo Margono calon paling kuat menjadi Panglima TNI baru mengantikan Jenderal Andika Perkasa. Surat presiden (Surpres) terkait Panglima TNI baru akan dikirimkan istana ke DPR sore ini.

"Sinyal kuat Pak Yudo menjadi Panglima," kata Bobby kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin, 28 November 2022.

Legislator Golkar ini menilai keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Yudo bisa menepis isu adanya pilih kasih di antara matra militer. Apalagi, selama kepemimpinan Jokowi belum ada Panglima TNI dari matra AL.

"Ya selama presidensi Pak Jokowi belum pernah ada Panglima dari matra laut, dan usia pensiun antara KSAD dan KSAL relatif sama di bulan November 2023, sehingga masih ada satu putaran lagi pergantian Panglima," ujar Bobby.

Bobby berharap kepemimpinan Yudo akan membawa sinergitas antara matra TNI. Yudo diyakini dapat memimpin militer dengan baik.

"Semua sama-sama bersinergi penting dalam tugas menjaga NKRI," kata Bobby.

Bobby juga membenarkan Surpres akan diterima pimpinan DPR hari ini. Kemungkinan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test bisa digelar dalam waktu dekat.

"Surpres mungkin dikirim hari ini, sehingga minggu ini bisa dilakukan fit and proper test. Tidak ada info akan ada keterlambatan pengiriman surpres setelah masa sidang selesai," kata dia.

 sinpo

Komentar: