Ketua Komisi I Sebut KSAL Yudo Calon Panglima TNI Baru

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 28 November 2022 | 15:35 WIB
Ketua Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid/ Parlementaria
Ketua Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid/ Parlementaria

SinPo.id - Ketua Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid membenarkan kabar nama KSAL Laksamana TNI Yudo Margono disodorkan menjadi Panglima TNI baru. Legislatif masih menunggu surat presiden (Surpres) terkait Panglima TNI dari istana.

"Saya harus nunggu, kabarnya Pak Yudo saya juga dapat kabar gitu tapi tetap nanti harus tunggu Surpres ya," kata Meutya di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin, 28 November 2022.

Meutya mengatakan Surpres akan dikirimkan istana ke DPR hari ini. Namun, hingga saat ini Surpres dipastikan belum diterima Wakil Rakyat.

"Kabarnya hari ini. Belum masuk," kata dia.

Politikus Golkar ini belum bisa memastikan waktu penyelenggaraan uji kelayakan dan kapatutan atau fit and proper test terhadap calon Panglima TNI baru. Komisi I masih menunggu pengumuman resmi dari pimpinan DPR.

"Nanti kita tunggu pimpinan, kalau sudah terima mereka akan mengadakan bamus secepatnya kita lakukan mudah-mudahan bisa pekan ini," kata dia.

Sebelumnya, DPR RI akan menerima surat presiden (Surpres) terkait Panglima TNI baru hari ini. Isi Surpres akan diumumkan ke publik sore ini.

"Untuk penyampaian Surpres calon Panglima TNI oleh Mensekneg dijadwalkan hari ini jam 16.00," kata Sekretaris Jenderal (Setjen) DPR RI Indra Iskandar dihubungi terpisah.

Menurut Indra, Surpres akan diterima langaung oleh pimpinan Legislatif. Surpres bahkan akan diumumkan langsung oleh Ketua DPR Puan Maharani.

"Yang akan diterima oleh Ketua dan pimpinan DPR," kata dia.sinpo

Komentar: