Dewan Pers SinPo

Ketua DPR Bantah Isu Penarikan Surpres Pergantian Panglima TNI

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 28 November 2022 | 18:02 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani mengumumkan Calon Panglima TNI pengganti Andika Prakasa yakni Laksmana TNI Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) (Ashar/SinPo.id)
Ketua DPR RI Puan Maharani mengumumkan Calon Panglima TNI pengganti Andika Prakasa yakni Laksmana TNI Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) (Ashar/SinPo.id)

SinPo.id -  Ketua DPR RI Puan Maharani membantah adanya isu penarikan kembali surat presiden (Surpres) terkait pergantian Panglima TNI baru. Surpres tentang penunjukan KSAL Laksamana Yudo Margono dipastikan baru dikirimkan Istana ke DPR hari ini.

"Surpres baru dikirim hari ini, jadi kalau ada yang menyampaikan atau menyatakan bahwa Supres sudah sempat terkirim minggu lalu, kami berdua (Mensesneg Pratikno) menyatakan bahwa hal itu tidak benar," kata Puan saat konferensi pers di Komplek Parlemen, Jakarta, Senin, 28 September 2022 petang tadi.

Puan menegaskan, isu penarikan Surpres tidak benar. Apalagi, muncul kabar jika penarikan Surpres lantaran adanya pergantian nama calon Panglima TNI.

"Jadi tidak ada sama sekali penarikan surat dan dikembalikan lagi dengan spekulasi bahwa ada pergantian nama," ujar Puan menegaskan.

Dengan diterimanya Surpres itu, kata Puan, pimpinan DPR segera memproses berdasarkan mekanisme perundang-undangan. Terpenting, menginstruksikan Komisi I DPR untuk segera menyiapkan uji kelayakan dan kepatutan.

"Kami akan menugaskan komisi terkait, yakni Komisi I DPR untuk melakukan mekanisme pergantian atau pengangkatan Panglima TNI yang baru," kata Puan menjelaskan.

Puan menyatakan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono merupakan calon tunggal Panglima TNI baru. Dengan diterimanya Surpres itu, Laksamana Yudo Margono bisa segera mengikuti proses dan mekanisme yang ada di DPR. “Untuk kemudian melaksanakan Fit and propert tes,"  katanya.sinpo

Komentar:
BONGKAR
Aplikasi Sinpo
POJOK SINPO
Koran Sin Po edisi 14 Januari 1939 menulis berita “Super Microscoop”. Laporan tekhnologi itu menyebutkan laboratorium Jtlectron-Optisch dari Siemens & Halske di Duitschland telah telah mengumumkan satu temuan tekhnologi yang mampu melihah micro-organisme dan benda micro-inorganisch yang disebut alat super-microscoop.
- Koran Sin Po
BERITATERPOPULER
07