Dewan Pers SinPo

BNPB: Korban Gempa Cianjur Dapat Ditinggalkan Tenda Pengungsian

Laporan: Sinpo
Selasa, 29 November 2022 | 04:23 WIB
Sebuah bangunan roboh akibat gempa Magnitude 5,6 SR di Kabupaten Cinajur Jabar (SinPo.id/BNPB)
Sebuah bangunan roboh akibat gempa Magnitude 5,6 SR di Kabupaten Cinajur Jabar (SinPo.id/BNPB)

SinPo.id -  Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengizinkan para pengungsi korban gempa Cianjur yang rumahnya rusak ringan hingga sedang meninggalkan tenda pengungsian. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sudah memastikan kondisi aman dan masyarakat diharapkan bisa kembali ke rumahnya.

"Sekarang pengungsi ini masih pada takut, tapi mudah-mudahan minggu depan mereka sudah yakinlah (kembali ke rumahnya,-red). BMKG mengatakan sudah tidak ada gempa besar, walaupun ada gempa susulan sudah tidak membahayakan," ujar Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto, seperti dikutip dari kanal Youtube BNPB Indonesia, pada Senin 28 November 2022. 

Dia berharap dengan kembalinya para pengungsi nantinya bisa sambil memperbaiki kerusakan-kerusakan kecil di rumahnya. Sementara untuk pengungsi yang rumahnya rusak berat akan secara paralel dilakukan pendataan agar bisa segera dibangun. Untuk wilayah yang tidak boleh dibangun kembali, pemerintah sudah mendapatkan lahan relokasi sekitar dua hektar di desa Sirnagalih, Cilaku, Cianjur. Menurut Suharyanto, untuk wilayah yang tidak boleh dibangun rumah tinggal kembali, pemerintah sudah mendapatkan lahan relokasi sekitar dua hektar di desa Sirnagalih, Cilaku, Cianjur.

"Ini pun oleh Kementerian PUPR akan segera dimatangkan lahannya, mudah-mudahan dalam minggu-minggu depan sudah mulai dibangun," tuturnya.

Selain itu, dia mengimbau bagi masyarakat yang rumahnya masih dalam kondisi bagus dan ruang kosong juga bisa menampung tetangga dekatnya yang rumahnya rusak berat. Ini dimaksudkan untuk memudahkan tetangganya membersihkan puing-puing sebelum dibangun kembali.

"Nampungmya tidak gratis ada bantuan dari pemerintah sebagai uang sewa, maksud kami dengan dekat rumahnya, yang rusak berat sudah mulai bisa membersihkan puing-puing, sudah bisa menyelamatkan harta benda, mungkin masih ada yang bisa diselamatkan di dalam rumah," tukasnya.sinpo

Komentar:
Aplikasi Sinpo
POJOK SINPO
Koran Sin Po edisi 14 Januari 1939 menulis berita “Super Microscoop”. Laporan tekhnologi itu menyebutkan laboratorium Jtlectron-Optisch dari Siemens & Halske di Duitschland telah telah mengumumkan satu temuan tekhnologi yang mampu melihah micro-organisme dan benda micro-inorganisch yang disebut alat super-microscoop.
- Koran Sin Po
BERITATERPOPULER