Dewan Pers SinPo

Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Panglima TNI Tak Mungkin Digelar Pekan Ini

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 29 November 2022 | 17:14 WIB
Wakil ketua DPR Ri Sufmi Dasco Ahmad (SinPo.id/ Dok)
Wakil ketua DPR Ri Sufmi Dasco Ahmad (SinPo.id/ Dok)

SinPo.id -  Uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon Panglima TNI tak mungkin digelar dalam pekan ini. Apalagi, pimpinan baru akan menggelar rapim dengan Bamus beberapa hari ke depan.

"Kalau pekan ini sudah tidak mungkin, karena sekarang sudah Selasa dan Kamis (1 Desember 2022) itu kelihatannya rapim sama Bamus. Sekiranya begitu," kata Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin, 29 November 2022.

Menurut Dasco, masih ada beberapa proses yang dijalankan Legislatif sebelum fit and proper test dibawa ke Komisi I. Salah satunya, surat presiden (Surpres) harus lebih dulu dibawa ke rapim sebelum dibawa ke Bamus.

"Perlu saya sampaikan bahwa Bamus itu perlu didahului dengan rapim. Sementara rapim ini dilaksanakan apabila memenuhi kuorum," kata Dasco menambahkan.

Ia mengatakan saat ini pimpinan Wakil Rakyat tengah mencari waktu yang pas untuk menggelar Rapim. Dalam rapim itu akan ditentukan waktu fit and proper test Panglima TNI di Komisi I.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk KSAL Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI baru. Penunjukan Yudo tertuang dalam surat presiden (Surpres) dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang diterima DPR RI dari Istana.

"Nama yang diusulkan Presiden Jokowi untuk menggantikan Jenderal Andika Prakasa adalah Laksamana Yudo Margono yang saat ini menjabat sebagai KSAL," kata Ketua DPR RI Puan Maharani.sinpo

Komentar:
Aplikasi Sinpo
SINPO TV
Minyakita Lampaui Harga Eceran Tertinggi

5 jam yang lalu

POJOK SINPO
Koran Sin Po edisi 14 Januari 1939 menulis berita “Super Microscoop”. Laporan tekhnologi itu menyebutkan laboratorium Jtlectron-Optisch dari Siemens & Halske di Duitschland telah telah mengumumkan satu temuan tekhnologi yang mampu melihah micro-organisme dan benda micro-inorganisch yang disebut alat super-microscoop.
- Koran Sin Po
BERITATERPOPULER