Dewan Pers SinPo

Momen Pak Bowo Duduk Sikap Sempurna Saat Jokowi Sebut Namanya di Surabaya

Laporan: Bayu Primanda
Rabu, 30 November 2022 | 08:17 WIB
Prabowo Subianto duduk paling depan ketiga dari kanan/BPMI Setpres
Prabowo Subianto duduk paling depan ketiga dari kanan/BPMI Setpres

SinPo.id -  Momen menarik terjadi di tengah peluncuran Asrama Mahasiswa Nasional (AMN) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim), pada Selasa, 29 November 2022.

Hal tersebut tampak saat Jokowi membacakan sambutannya. Kala itu, hanya Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto, yang disapa lengkap nama dan jabatannya oleh Presiden.

"Hadir bersama saya, Pak Menteri Pertahanan, Bapak Prabowo Subianto; Pak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan; Bapak Menteri Agama; Menteri KKP; dan juga Pak Menteri Sekretaris Kabinet," tutur Jokowi.

Saat semua pembantu Presiden yang hadir dipanggil Jokowi, hanya Prabowo yang merespons dengan sikap duduk sempurna. Dia terlihat meluruskan punggung, menaruh kedua tangan di pangkal paha, dan tatapan ke arah Jokowi.

Pemerintah mendirikan AMN sebagai bentuk persatuan karena dihuni mahasiswa dari berbagai daerah di Tanah Air. Ada sekitar 410 mahasiswa yang tinggal di AMN Surabaya.

"Dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote. Semuanya berbaur jadi satu. Tadi, saya dibisikin Pak Ka-BIN (Budi Gunawan), 40 persen dari tanah Papua," ucap Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi mengungkapkan, pembangunan AMN bermula dari usulan 61 tokoh Papua dan Papua Barat saat datang ke Istana Negara, Jakarta, pada 2019. Kala itu, para tokoh mengemukakan banyaknya gesekan antarmahasiswa.

"Oleh sebab itu, saat ada usulan itu, langsung saya sampaikan, saya setujui. Kita akan bangun Asrama Mahasiswa Nusantara di provinsi-provinsi, di kota-kota yang memang membutuhkan," ungkapnya. Jokowi pun menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 106 Tahun 2021 tentang AMN.

Keberadaan AMN diharapkan menjadi sarana bagi mahasiswa untuk saling mengenal kebudayaan masing-masing sekaligus menciptakan kerukunan. "Karena di Asrama Mahasiswa Nusantara juga diberikan wawasan kebangsaan," katanya.

AMN Surabaya dibangun Kementerian PUPR sejak 17 September 2021-31 Mei 2022. Penghuninya merupakan mahasiswa yang tengah menempuh pendidikan di Universitas Pembangunan Nasional  (UPN) "Veteran" Jatim, Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Airlangga (Unair), dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS).

Sesuai Perpres 106/2021, pemerintah akan membangun AMN di enam kota di lima provinsi. Perinciannya, Surabaya dan Malang, Jawa Timur; Manado, Sulawesi Utara; Makassar, Sulawesi Selatan; Bantul, DIY; dan Jakarta Selatan, DKI Jakarta.
sinpo

Komentar:
BONGKAR
Aplikasi Sinpo
SINPO TV
DPR RI Terima Kunjungan Duta Besar Uzbekistan

45 menit yang lalu

POJOK SINPO
Koran Sin Po edisi 14 Januari 1939 menulis berita “Super Microscoop”. Laporan tekhnologi itu menyebutkan laboratorium Jtlectron-Optisch dari Siemens & Halske di Duitschland telah telah mengumumkan satu temuan tekhnologi yang mampu melihah micro-organisme dan benda micro-inorganisch yang disebut alat super-microscoop.
- Koran Sin Po
BERITATERPOPULER