Bharada E Sebut Ricky Rizal Punya Ide Bunuh Brigadir J dengan Menabrakan Mobil

Laporan: Sigit Nuryadin
Rabu, 30 November 2022 | 19:00 WIB
Bharada E atau Richard Eliezer (SinPo.id/Dok)
Bharada E atau Richard Eliezer (SinPo.id/Dok)

SinPo.id -  Terdakwa pembunuhan berencana Brigadir J, Richard Eliezer alias Bharada E, mengatakan Ricky Rizal pernah memberitahu dirinya punya ide membunuh Yosua dengan menabrakan mobil dalam perjalanan dari Magelang ke Jakarta. Pernyataan ini diungkap Richard ketika dia menjadi saksi dalam sidang terdakwa Ricky Rizal dan Kuat Ma’ruf di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu, 30 November 2022. 

Richard menyampaikan saat itu Ricky mengaku ingin menabrakan mobil sisi kiri karena Yosua sedang tidur di sebelah kiri.

“Ricky sempat ngobrol ke saya blak-blakan, ‘Cad, sebenarnya saya rencana mau nabrakin mobil dalam perjalanan Magelang ke Jakarta, nabrakin mobil karena almarhum di sebelah kiri,” tutur Richard.

“Diarahkan ke Yosua?” tanya hakim.

“Siap betul,” kata Bharada E.

“Tidak tanya apa alasannya?” tanya hakim lagi.

“Saya berpikir dalam pikiran saya ini (permasalahan) sudah ada di Magelang,” ucap Richard.

Menurut Richard, pengakuan Ricky ini disampaikan setelah pembunuhan Brigadir J, yang saat itu, Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi mengumpulkan Richard, Ricky, dan Kuat di lantai dua rumah Duren Tiga. 

Namun, Richard mengaku tak mengingat jam berapa mereka dikumpulkan. Kemudian, kata Richard, Ricky mengaku punya ide membunuh Yosua itu setelah dikumpulkan.

Hakim pun mempertanyakan kesaksian Richard tersebut apakah bisa dipertanggungjawabkan. Keterangan itu belum tertera dalam berkas dakwaan atau Berita Acara Pemeriksaan (BAP). 

“Bisa dipertanggungjawabkan,” tanya hakim.

“Siap. Saya sudah disumpah,” kata Richard.sinpo

Komentar: