Puan Maharani: Kadin Berperan Perkuat Upaya Pemulihan Dunia Usaha

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 02 Desember 2022 | 00:00 WIB
Ketua DPR RI, Puan Maharani (istimewa)
Ketua DPR RI, Puan Maharani (istimewa)

SinPo.id -  Ketua DPR RI, Puan Maharani, meminta Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, memperkuat UMKM dalam meningkatkan perekonomian bangsa di tengahnya melemahnya ekonomi global. Menurut dia, Kadin memiliki peran strategis untuk mengevaluasi dan memperkuat upaya pemulihan dunia usaha dan perekonomian nasional,

"Serta mengantisipasi situasi dan kondisi ekonomi yang akan dihadapi pada tahun 2023,” kata Puan, disampaikan dalam sambutannya di acara Welcome Dinner Rapimnas Kadin 2022, Kamis 1 Desember 2022.

Menurutnya, Indonesia tetap memiliki optimisme untuk menjaga pertumbuhan ekonomi, dengan kekuatan perekonomian nasional yang ditopang oleh peran UMKM.

“UMKM memiliki peran penting bagi perekonomian Indonesia karena memberikan sumbangan signifikan khususnya dalam pembentukan produk domestik bruto dan penyerapan tenaga kerja,” ungkapnya.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM Indonesia saat ini mencapai 64,19 juta dengan kontribusi terhadap PDB (produk domestik bruto) sebesar 61,97 persen atau senilai lebih dari Rp 8.500 triliun.

"Kontribusi UMKM juga menyerap 97 persen dari total tenaga kerja yang ada, serta dapat menghimpun sampai 60,4 persen dari total investasi. Namun banyak permasalahan dan kendala yang sering dialami UMKM," katanya menambahkan.

Oleh karena itu, kata Puan, Kadin dinilai menjadi sangat penting dalam membangun kekuatan ekonomi nasional berbasis UMKM, agar UMKM yang sedang tumbuh tidak kalah bersaing, stagnan, atau bahkan gulung tikar.sinpo

Komentar: