DPR RI Bakal Dalami Isu-isu Aktual Saat Uji Kelayakan Calon Panglima TNI

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 02 Desember 2022 | 13:05 WIB
Dave Laksono/Parlementaria
Dave Laksono/Parlementaria

SinPo.id -  Dalam fit and proper test calon Panglima TNI siang nanti, Komisi I DPR RI akan mendalami sejumlah isu aktual saat proses tanya jawab.

Anggota Komisi I DPR RI, dari Fraksi Golkar, Dave Laksono, mengatakan pendalaman akan dilakukan oleh masing-masing anggota usai pemaparan calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

"Isu-isu aktual seperti peremajaan alutsista dengan keterbatasan anggaran, situasi Papua, penegakan hukum, terus juga potensi mitigasi keamanan," kata Dave kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat 2 Desember 2022.

Menurutnya, ada banyak ancaman yang harus menjadi fokus bagi calon Panglima TNI, tak hanya Laut China Selatan, tetapi Selatan Indonesia juga butuh didalami.

"Laut China Selatan itu hanya satu, ada banyak loh ancaman kita. Jadi jangan fokus Laut China Selatan, masih ada selain Papua ada di Selat Malaka, bagian Selatan Indonesia itu juga butuh penjelasan dari beliau," ungkapnya.

Selain itu, kata Dave, calon Panglima TNI juga akan ditanya terkait pengadaan kapal induk, keamanan untuk berbagai ancaman, dan sebagainya.sinpo

Komentar: