DPR Paripurnakan Panglima TNI Laksamana Yudo pada 6 Desember 2022

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 03 Desember 2022 | 13:31 WIB
Laksmana TNI Yudo Margono/SinPo.id
Laksmana TNI Yudo Margono/SinPo.id

SinPo.id - DPR RI bakal menggelar rapat paripurna untuk mengesahkan Laksamana Yudo Margono sebagai Pangliman TNI. Rapat itu kemungkinan digelar pada Selasa, 6 Desember 2022. 

Komisi I DPR telah menyerahkan hasil uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test Yudo Margono kepada pimpinan DPR. Komisi I secara bulat menyetujui pencalonan Yudo Margono.

"Mungkin pada Selasa akan dilaksanakan paripurna," kata anggota Komisi I DPR Dave Laksono kepada awak media, Sabtu, 3 Desember 2022.

Pada Jumat malam kemarin, anggota Komisi I DPR telah memverifikasi faktual rumah dinas Yudo di Jalan Diponegoro, Jakarta. Dalam proses verifikasi faktual itu, kata Dave, Komisi I DPR mengecek kesesuaian dengan dokumen yang telah diterima.

Verifikasi dilakukan mulai dari melihat keharmonisan keluarga. Dalam proses tersebut, hadir istri Yudo Margono, AKBP Veronica Yulis Prihayati atau yang akrab disapa Vero. Hadir juga dua anak Yudo, adiknya, serta kakak iparnya. 

Selain itu, Komisi I DPR mengecek kesesuaian dengan data laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LKHPN) dan nomor pokok wajib pajak (NPWP).

Setelah Yudo disahkan sebagai Panglima TNI dalam rapat paripurna nanti, DPR akan mengirim surat kepada Istana untuk menjadwalkan pelantikan. Dave menyatakan DPR menyerahkan jadwal pelantikan Yudo Margono kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kapan pelantikannya tergantung Presiden Jokowi," kata Dave.sinpo

Komentar: