Laksamana Yudo Jamin Netralitas TNI Selama Pemilu 2024

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 03 Desember 2022 | 16:41 WIB
Laksmana TNI Yudo Margono/SinPo.id
Laksmana TNI Yudo Margono/SinPo.id

SinPo.id -  Laksamana Yudo Margono berkomitmen mengawal netralitas TNI selama Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Militer dipastikan menempatkan diri di tengah-tengah atau tidak memihak mana pun.

Ini ditegaskan Yudo usai dinyatakan lolos uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di DPR, Jumat, 2 Desember 2022. Komisi I Parlemen bulat mendukung Yudo menggantikan Jenderal Andika Perkasa.

"Untuk tahun politik, saya sudah jelas soal netralitas TNI dan kami tetap netral di Pemilu 2024 dan kami sosialisasikan agar netral," kata Yudo kepada wartawan.

Selain membangun soliditas antarmatra TNI, Yudo mengaku akan membangun sinergisme bersama dengan Polri. Menurut dia, TNI tidak bisa bergerak sendiri menjaga keamanan negara.

"TNI tidak bisa bergerak sendiri bila tanpa soliditas dan sinergisme bersama Polri dan komponen negara lainnya, baik TNI dan komponen negara lainnya," kata Yudo.

Yudo optimistis mampu mewujudkan visi dan misi yang dipaparkannya dalam fit and proper test. Sekalipun masa jabatannya sebagai Panglima TNI terbilang singkat, yakni kurang lebih setahun.

"Wong itu menjadi komitmen saya. Tadi kan sudah RDPU (Rapat Dengar Pendapat Umum), fit and proper test ini kan ada pertanggungjawabannya, tidak hanya fit and proper test (lalu) selesai," kata dia.

Komisi I DPR RI menyetujui Laksamana Yudo Margono menjadi calon Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang pensiuan pada Desember 2022. Seluruh anggota Komisi I bulat mendukung penunjukan Yudo tersebut.sinpo

Komentar: