Jelang Libur Nataru, Mendag Zulhas Pastikan Stok Bahan Pangan Aman

Laporan: Khaerul Anam
Minggu, 04 Desember 2022 | 13:42 WIB
Ilustrasi/pixabay
Ilustrasi/pixabay

SinPo.id -  Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan atau Zulhas menegaskan harga barang kebutuhan pokok stabil dan ketersediaan aman menjelang libur hari besar keagamaan Natal dan tahun baru (Nataru).

Kementerian Perdagangan (Kemendag) melakukan pengawasan pergerakan harga kebutuhan bahan pokok bersama sejumlah kementerian lain dan pemerintah daerah secara intensif sehingga inflasi baik di daerah maupun secara nasional tetap terkendali.

"Saya telah melakukan kunjungan kerja ke berbagai daerah mengecek harga dan pasokan barang kebutuhan pokok. Secara umum harga barang kebutuhan pokok stabil dan pasokannya cukup," kata Zulhas dalam keterangan pers yang dikutp, Minggu, 4 Desember 2022.

Zulhas juga memastikan barang kebutuhan pokok akan terus tersedia. Jika terjadi gejolak harga, pemerintah akan langsung bertindak dengan memberikan subsidi, baik untuk harga maupun untuk biaya logistik.

"Pemerintah menjamin ketersediaan barang pokok dan jika ada kenaikan harga, langsung disubsidi melalui pemerintah daerah," ujarnya.

Adapun terkait pengurusan izin impor produk hortikultura, dia meminta pelaku usaha memenuhi persyaratan sesuai aturan dan mengutamakan impor komoditas yang tidak dapat dihasilkan di dalam negeri.

"Produk hortikultura yang mampu kita hasilkan tidak perlu impor. Utamakan buah-buahan dan sayur-sayuran lokal. Buah yang sudah ada di dalam negeri tidak perlu diimpor lagi,” ucap Zulhas.

Selain itu, lanjut Zulhas, pemerintah juga telah menugaskan Bulog untuk mengimpor 300 ribu ton kedelai dan akan dijual dengan harga sekitar Rp11 ribu per kilogram jika harga impornya Rp12 ribu per kilogram.

Kendati begitu, Zulhas meminta kepada masyarakat agar tidak segan melaporkan oknum pelaku usaha yang tidak taat aturan resmi.

"Kalau ada yang melakukan impor tak sesuai aturan, masyarakat bisa melaporkan biar kita tindak tegas," tandasnya.sinpo

Komentar: