10 Titik di DKI Potensi Pergerakan Tanah, Warga Diminta Waspada Cuaca Ekstrem

Laporan: Sinpo
Senin, 05 Desember 2022 | 00:10 WIB
Ilustrasi tanah longsor/net
Ilustrasi tanah longsor/net

SinPo.id -  Warga DKI Jakarta diminta untuk memantau potensi cuaca ekstrem dari sumber resmi sebagai antisipasi atas ancaman bencana. BPBD DKI Jakarta mengimbau masyarakat waspada potensi pergerakan tanah di 10 titik tersebar di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada Desember 2022.

"Kami imbau tetap waspada dan dengan kondisi cuaca atau pun alam yang tidak bersahabat, selalu melihat informasi dari BMKG dan informasi cuaca lainnya," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, pada Minggu 4 Desember 2022. 

Jakarta tidak lepas dari ancaman bencana karena ada jalur patahan bumi bernama Sesar Baribis di Selatan Jakarta. Namun, Heru menyampaikan dampak pergerakan tanah di Jakarta cukup kecil, namun dia tidak menjelaskan secara teknis lebih jauh soal itu.

"Jadi,informasinya di Jakarta kecil dampaknya dan mudah-mudahan tidak terjadi," katanya.

Untuk diketahui, 10 titik yang disebutkan adalah Jakarta Selatan, meliputi wilayah Kecamatan Cilandak, Jagakarsa, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Mampang Prapatan, Pancoran, Pasar Minggu dan Pesanggrahan. Kemudian di Jakarta Timur, meliputi wilayah Kecamatan Kramat Jati dan Pasar Rebo.

Pada zona itu, dapat terjadi gerakan tanah jika curah hujan di atas normal, terutama pada daerah yang berbatasan dengan lembah sungai, tebing jalan atau jika lereng mengalami gangguan.
 sinpo

Komentar: