Pemerintah Diminta Mengantisipasi Kemungkinan Terburuk Letusan Gunung Semeru

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 05 Desember 2022 | 12:23 WIB
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad/ SinPo.id/ Galuh Ratnatika
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad/ SinPo.id/ Galuh Ratnatika

SinPo.id - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad meminta pemerintah menyiapkan langkah-langkah untuk mengantisipasi hal terburuk dari erupsi gunungapi Semeru. Apalagi, bencana letusan gunungapi tak bisa diprediksi.

"Di sekitar Semeru kepada pihak pemerintah dan pemda terutama dan sedari dini kita siapkan kemungkin terjelek yang akan terjadi karena kadang-kadang hal-hal yang menyangkut gunung seperti ini susah di prediksi," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin, 5 Desember 2022.

Di sisi lain, Dasco mengimbau kepada warga khususnya yang tinggal di kaki gunung Semeru untuk segera mengevakuasi diri. Masyarakat diminta memperhatikan instruksi pemerintah atau pemda.

"Kepada masyarakat tentunya supaya lebih berhati-hati dan waspada terhadap kemungkinan-kemungkinan yang terjadi, terutama terhadap masyarakat sekitar Semeru," tegas dia.

Gunung Semeru 'bangun'. PVMBG Kementerian ESDM mencatat luncuran awan panas dan guguran abu mengarah ke sektor tenggara dan selatan dari puncak. Jangkaun awan panas guguran sudah mencapai lebih dari 13 Km.

PVMBG Kementerian ESDM juga menyampaikan lahar dingin maupun lahar panas dapat terjadi di sepanjang aliran sungai yang berhulu di daerah puncak, khususnya sepanjang aliran sungai.

Masyarakat diminta untuk mewaspadai potensi awan panas guguran (APG), guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai atau lembah yang berhulu di puncak Gunungapi Semeru.

 sinpo

Komentar: