Sisir Dampak Erupsi Semeru, Tiga Tim SAR Gabungan Dikerahkan

Laporan: Sinpo
Senin, 05 Desember 2022 | 17:25 WIB
Erupsi Gunung Semeru/ Dok. Antara
Erupsi Gunung Semeru/ Dok. Antara

SinPo.id - Tim Rescue dari Pos SAR Jember bersama dua Tim Rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Surabaya bersama TNI-Polri telah berada di Posko Candi Puro. 

Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor SAR Surabaya Haris Supardi menerangkan, Tim SAR gabungan tersebut akan melakukan penyisiran serta pengamatan. Pengamatan dan penyisiran dilakukan di tiga lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru. 

“Tim melaksanakan evaluasi dan perencanaan giat untuk hari ini termasuk rencana pendampingan Bu Gubernur Jawa Timur yang akan melakukan kunjungan ke wilayah terdampak,” ujar Haris dalam keterangannya, Senin, 5 Desember 2022.  

Hari ini, kata Haris, tim SAR gabungan akan membagi tugas dalam tiga tim. Tim ditugaskan untuk melakukan penyisiran sekaligus pengamatan di 3 wilayah terdampak erupsi Gunung Semeru.

"Antara lain, dusun Kamar Kajang, Kajar Kuning, dan Curah Kobokan. Tim bakal ditempatkan personil di Pos Pantau di Gunung Sawur untuk memantau perkembangan kondisi Gunung Semeru," jelasnya.

Unsur yang tergabung dalam tim SAR gabungan antara lain, Kantor SAR Surabaya, Pos SAR Jember, BPBD Lumajang, Polres Lumajang, Polsek Pasiran, Koramil Pasiran, Polsek Pronojiwo, Koramil Pronojiwo, Siluman Rescue, Biting Rescue, IOF Cabang Lumajang, Baret Rescue, Lazismu, FKPPAI, Lumajang Rescue, Dinas Sosial Lumajang, Satpol PP, Dinas Kesehatan Lumajang, Dinas Perhubungan, PLN, dan Kodim Lumajang.sinpo

Komentar: