DPR Ingatkan Sejumlah Tugas Berat Menunggu Panglima TNI yang Baru

Laporan: Sinpo
Selasa, 06 Desember 2022 | 15:54 WIB
Anggota Komisi I DPR RI Muhammad Farhan/ Parlementaria
Anggota Komisi I DPR RI Muhammad Farhan/ Parlementaria

SinPo.id - Anggota Komisi I DPR RI Muhammad Farhan mengatakan Panglima TNI terpilih, Laksamana Yudo Margono, memiliki sejumlah pekerjaan rumah di depan mata. Yudo diharapkan mampu menunaikan tugas itu meski masa jabatannya hanya sekitar satu tahun.

"Ada tugas besar Panglima, itu tidak ringan. Salah satunya memenuhi Minimum Essential Force (MEF), atau upaya memodernisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI pada  2024 dengan target 60 persen," kata Farhan dalam keterangannya seperti dikutip dari Parlementaria, Selasa, 6 Desember 2022.

Farhan juga meminta Pemerintah berusaha mendukung upaya itu. Caranya dengan menganggarkan Rp134,32 triliun untuk 2023.

"Soal belanja, Kementerian Pertahanan punya kemampuan itu," ucapnya.
 
Politisi NasDem ini menyebut, PR lainnya Panglima TNI yang baru ialah membuat program pertahanan terukur. Selain itu masalah kesejahteraan prajurit juga harus mendapat perhatian khusus.

"Tidak usah jauh-jauh, meningkatkan uang makan dari Rp7.500 per hari menjadi Rp15 ribu," ucap dia.

Farhan mengajak seluruh pihak membayangkan fenomena tersebut. Tentara yang menjadi penjaga Tanah Air hanya menerima uang makan harian di bawah Rp10 ribu.

"Kita mesti mencari cara untuk meningkatkan (anggarannya). Kesulitannya adalah meyakinkan Kementerian Keuangan untuk mengalokasikan anggaran itu," tukasnya.sinpo

Komentar: