Pengembangan Sektor Pariwisata Dorong Kebangkitan UMKM

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 06 Desember 2022 | 19:01 WIB
Produk UMKM (SinPo.id/Pixabay.com)
Produk UMKM (SinPo.id/Pixabay.com)

SinPo.id - Pengembangan dan kebangkitan sektor pariwisata di Indonesia dapat mendorong kebangkitan usaha mikro kecil menengah atau UMKM yang sebelumnya terdampak pandemi Covid-19. Kebangkitan sektor pariwisata tersebut juga harus dibarengi dengan pembangunan infrastruktur agar mempermudah akses bagi masyarakat ke lokasi wisata.

“Kebangkitan sektor pariwisata membawa angin segar bagi kebangkitan UMKM. Hal ini juga ditunjang dengan ketersediaan infrastruktur yang memadai,” kata Anggota Komisi VI DPR RI, Siti Mukaromah, Selasa 6 Desember 2022.

Siti mengatakan UMKM juga dapat menjadi pemasok bagi produk-produk yang dijual di lokasi wisata. Terlebih jika yang dijual adalah produk khas dari daerah wisata tersebut.

“Tidak hanya sebagai konsumen, masyarakat yang datang ke lokasi wisata juga dapat memberikan testimoni produk sehingga pemasaran dari mulut ke mulut dapat menjadi peluang UMKM memperluas pemasaran produk,” kata Siti menjelaskan.

ia juga mengapresiasi Adhi Karya sebagai BUMN yang bergerak di bidang infrastruktur, khususnya terkait proyek tol Solo- Yogyakarta YHA Kulonprogo, Tol Yogyakarta Bawean dan SPAM Karian Serpong Timur.

Proyek tersebut dianggap telah memberikan banyak manfaat bagi pemerintah dan masyarakat, termasuk soal konektivitas wilayah menuju daerah pariwisata.sinpo

Komentar: