2 Ormas Betawi Bersatu, Marullah Matali Dipercaya Jadi Pemimpin

Laporan: Zikri Maulana
Rabu, 07 Desember 2022 | 23:09 WIB
Audiensi 2 ormas Betawi/SinPo.id
Audiensi 2 ormas Betawi/SinPo.id

SinPo.id -  Dua Organisasi Masyarakat (Ormas) Badan Musyawarah (Bamus) Suku Betawi 1982 pimpinan Zainuddin atau Haji Oding, sepakat untuk islah (berdamai) dengan Bamus Betawi kubu H. Riano P Ahmad, dan kini sepakat untuk bersatu. 

Adapun nama baru dari penyatuan dua Ormas ini, yakni Majelis Amanah Masyarakat Betawi. Kemudian, Deputi Gubernur DKI Bidang Pariwisata dan Budaya, Marullah Matali ditunjuk dan dipercaya untuk memimpin ormas tersebut. 

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono yang menerima audiensi dari kedua jajaran kepengurusan bamus betawi yang digelar Senin 6 Desember 2022 kemarin, turut berperan sebagai pengislah dua ormas itu. 

"Kita sampaikan kepada Pj Gubernur bahwa kedua Bamus Betawi sudah menyatu," kata Ketua Bamus Suku Betawi 1982, Zainuddin saat dihubungi, Rabu 7 Desember 2022. 

Zainuddin atau Haji Oding menegaskan, dengan bersatu dua ormas ini, maka dapat dipastikan tidak ada lagi perpecahan dan tidak ada lagi dualisme di ormas kedaerahan Betawi. 

"Semua sepakat untuk bersatu. Ini juga sudah disetujui oleh majelis adat, tokoh-tokoh, sesepuh-sesepuh betawi," katanya. 

Ia juga menyampaikan, kesepakatan untuk bersatu ini telah diwacanakan sejak dua tahun lalu, yakni saat Haji Lulung yang pada saat itu masih sebagai Ketua Bamus Betawi. 

"Pada penghujung tahun 2022 ini, bang Haji Marullah Matali ikut ke dalamnya dan dia memberikan gambaran-gambaran bahwa betapa pentingnya penyatuan ini. Akhirnya kita semua menerima konsepsi-konsepsi pikiran-pikiran Bang Marullah, akhirnya kita sepakat buat bersatu," urainya. 

Adapun untuk pelaksanaan deklarasi penyatuan dua ormas Betawi ini, direncanakan akan digelar pada tanggal 22 Desember 2022 mendatang, yang bertempat di Balai Kota Jakarta, Jakarta Pusat. 

"Hadir juga semua ketua-ketua ormas betawi, kemudian orang-orang tua kita di tanah betawi juga ikut hadir. kita deklarasi di situ. Setelah deklarasi itu, baru kita mengatur langkah ke depan," ucapnya. 
sinpo

Komentar: