Ini Alasan Kerajaan Inggris Tolak Kehadiran Harry dan Meghan Markle saat Penobatan Raja Charles

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 11 Desember 2022 | 15:51 WIB
Harry dan Meghan Markle (SinPo.id/New York Post)
Harry dan Meghan Markle (SinPo.id/New York Post)

SinPo.id -  Mantan Menteri Kabinet dan veteran inggris, Tory David Mellor mengatakan Pangeran Harry dan Meghan Markle yang bergelar Duke dan Duchess of Sussex, dipastikan tak boleh dating ke Westminster Abbey, ketika Raja Charles dimahkotai pada 6 Mei tahun depan.

Sejumlah tokoh menyebut, penyebabnya komentar mereka terhadap Kerajaan Inggris dalam sebuah film dokumenter Netflix, yang menandai akhir dari hubungan pasangan tersebut dengan Keluarga Kerajaan.

“Mereka menghasilkan uang dengan cara berkhianat kepada keluarga. Saya pikir harus diperjelas bahwa orang Inggris tidak menginginkan mereka di sana,” kata Mellor, dilansir dari New York Post, Minggu 11 Desember 2022.

Mellor mengatakan orang-orang Inggris berhak mencemooh jika pasangan itu benar-benar muncul. “Mereka adalah pasangan yang menyedihkan dan tidak ada harapan bagi mereka di jalur mereka saat ini," kata Mellor menambahkan.

Berbagai kritik pedas bahkan bermunculan beberapa hari setelah tiga episode pertama film dokumenter Netflix Harry dan Meghan ditayangkan dan menarik ribuan penonton. Dalam dokumenter tersebut, Harry dan Meghan membuat beberapa tuduhan terhadap Keluarga Kerajaan, termasuk penilaian seputar ras Markle dan mengenai Raja Charles yang tidak begitu mampu merawat Harry setelah kematian Diana.

Tak hanya itu, Harry juga tampaknya menyindir Pangeran William yang menikahi Putri Kate bukan karena cinta, tetapi karena Putri Kate cocok dengan citra kerajaan.

Menanggapi hal itu, mantan kepala perlindungan Kerajaan, Dai Davies, mengatakan tuduhan pasangan itu dapat menimbulkan risiko keamanan bagi keluarga kerajaan.

"Kami tidak tahu racun apa yang akan keluar selanjutnya, tetapi ketika mempertimbangkan apa yang telah dikatakan, apakah itu setengah kebenaran, kebohongan atau ejekan untuk Keluarga Kerajaan, bagaimana mungkin ada orang yang ingin mereka diundang ke Penobatan?" kata Davies.

Davies mengatakan, penyajian monarki dan persemakmuran sebagai rasis merupakan penghinaan terhadap Inggris dan warga Inggris. “Narasi palsu yang disajikan dalam serial ini dapat memunculkan orang-orang yang memiliki fiksasi pada Keluarga Kerajaan untuk mewujudkan fantasi mereka," katanya.
Tidak jelas apakah Harry dan Meghan akan disambut di penobatan atau acara kerajaan di masa yang akan datang, namun beberapa pihak yakin keduanya telah kehilangan hak mereka untuk menjadi bagian dari keluarga kerajaan.

 sinpo

Komentar: