Modus Imigran Gelap di Spanyol, Pura-pura Melahirkan untuk Kabur dari Pesawat

Laporan: Sinpo
Senin, 12 Desember 2022 | 03:58 WIB
Ilustrasi pesawat (dok. iStock)
Ilustrasi pesawat (dok. iStock)

SinPo.id -  27 penumpang maskapai Pegasus Airlines kabur dari pesawat di Bandara El Prat di Barcelona. Ini terjadi gegara seorang wanita hendak melahirkan di pesawat. Belakangan diketahui ini adalah modus untuk melarikan diri yang dilakukan imigran gelap.

Pesawat Pegasus Airlines menempuh penerbangan dari  Casablanca, Maroko dengan tujuan akhir ke Istanbul, Turki.
Pesawat itu membawa 228 orang penumpang. 

Namun, di tengah perjalanan, tiba-tiba ada salah satu penumpang yang melaporkan mengalami keadaan darurat kepada kru kabin yang bertugas. Kepada pramugari, penumpang wanita itu bilang, dia mau melahirkan. 

Sontak, dia langsung meneruskan info itu ke kapten pilot. Sang kapten memutuskan untuk melakukan pendaratan darurat di Bandara Internasional Josep Tarradellas di El Prat, Barcelona, Spanyol.

Saat sedang ribet mengurusi wanita yang hendak melahirkan, tiba-tiba saja ada sekitar 27 penumpang di penerbangan itu yang keluar pesawat dan berusaha untuk kabur.

Namun, Kepolisian Bandara El Prat dengan sigap mengamankan 13 orang penumpang yang hendak kabur itu. Sementara 14 penumpang lainnya berhasil kabur.

Belakangan diketahui, wanita yang mengaku mau melahirkan itu, ternyata cuma berpura-pura saja. Mereka dicurigai termasuk dalam satu sindikat dan komplotan imigran gelap yang terbiasa melakukan modus itu.

Penumpang wanita yang berpura-pura hendak melahirkan itu akhirnya ditahan polisi. Meski dia hamil betulan, tapi ternyata dia tidak sedang mau melahirkan.

Dari 13 penumpang yang berusaha kabur tapi ditangkap polisi, 5 orang setuju balik kembali ke pesawat dan meneruskan perjalanan ke Turki. Sedangkan 8 penumpang lainnya diproses oleh otoritas Spanyol dan dideportasi.

14 Penumpang yang berhasil kabur kini tengah dalam pencarian kepolisian wilayah Catalonia. Pihak kepolisian tidak mengungkapkan berasal dari kewarganegaraan apa penumpang yang berhasil kabur itu.
 sinpo

Komentar: