Komisi V DPR Minta BMKG Cepat Tanggap Prediksi Bencana

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 12 Desember 2022 | 20:11 WIB
Bangunan rusak akibat gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jabar (SinPo.id/PNPB)
Bangunan rusak akibat gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jabar (SinPo.id/PNPB)

SinPo.id -  Anggota Komisi V DPR RI Sri Wahyuni meminta Badan Meteorologi, Klimatologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) cepat tanggap terhadap potensi bencana di Tanah Air. Apalagi, bencana kerap terjadi di beberapa wilayah Indonesia selama beberapa waktu belakangan.

"Walaupun bencana kita tidak bisa prediksi besar kecilnya, tetapi BMKG kita harapkan agar supaya tanggap dan mungkin sebelum bencana itu sudah mempersiapkan atau memperingatkan kepada masyarakat bahwa di titik-titik rawan itu harus berhati-hati," kata Sri di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin, 12 Desember 2022.

Menurut Sri, BMKG seharusnya sudah bisa memprediksi titik-titik rawan bencana. Sehingga, warga di wilayah rawan itu bisa segera diungsikan sebelum terjadinya bencana.

"Kan BMKG ini harus sudah tahu kan kapan bencana ini akan terjadi, jauh-jauh hari masyarakat itu kalau bisa diungsikan ya diungsikan sebelumnya agar supaya tidak terdapat korban, kalau bisa tidak ada korban sama sekali," kata dia.

Politikus NasDem ini memastikan Komisi V telah memberikan sejumlah masukan kepada BMKG perihal pencegahan dan penanganan bencana. "Komisi V tentunya banyak memberi masukan kepada BMKG bagaimana me-warning satu titik rawan," ucapnya.

Kendati begitu, Sri menilai mitigasi bencana yang sudah berjalan di BMKG relatif berjalan baik. Meskipun, ada beberapa catatan yang perlu ditingkatkan BMKG.

"Komisi V punya pandangan seperti ini, tapi praktiknya mungkin namanya juga manusia tidak ada yang sempurna, tetapi sejauh ini penanganan-penanganan BMKG cukup bagus walaupun masih ada kekurangan dan itu terus kita imbau supaya bekerja dengan maksimal," tegas dia.sinpo

Komentar: