Jadi Panglima TNI Terpilih, Yudo Diharap Bisa Bekerja dengan Baik

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 13 Desember 2022 | 11:45 WIB
Laksmana Yudo Margono tampil di hadapan publik setelah resmi dipilih DPR/SinPo.id
Laksmana Yudo Margono tampil di hadapan publik setelah resmi dipilih DPR/SinPo.id

SinPo.id -  Ketua DPR RI Puan Maharani berharap Laksamana Yudo Margono bisa bekerja dengan baik usai resmi menjabat sebagai Panglima TNI. Yudo telah disetujui menggantikan Jenderal Andika Perkasa dalam rapat paripurna yang digelar hari ini.

"Tentu saja DPR berharap kinerja dari TNI akan semakin baik, menjalankan tugasnya secara amanah, memperkuat, memperbesar, dan menyatukan NKRI dengan sebaik-baiknya," kata Puan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa, 13 Desember 2022.

Yudo juga diharap bisa membawa Indonesia menjadi lebih baik. Terpenting, bisa memberikan rasa aman bagi masyarakat.

"Bisa membuat negara serta rakyat Indonesia semakin baik ke depan. Bukan hanya masa depan TNI, tapi juga masa depan seluruh rakyat Indonesia," kata dia.

Menurut Puan, ada banyak tugas yang harus diselesaikan Yudo setelah menjadi orang nomor satu di militer. Bukan hanya meneruskan, Yudo juga harus memperbaiki hal-hal yang masih kurang dari program Andika sebelumnya.

"Bukan hanya meneruskan apa saja yang sudah dilaksanakan tapi juga bagaimana memperbaiki dan memperkuat hal-hal yang terus harus dijalankan, untuk bangsa dan negara," kata dia.


DPR RI secara resmi mengesahkan Laksaman Yudo Margono menjadi Panglima TNI memggantikan Jenderal Andika Perkasa. Pengesahan diambil dalam Rapat Paripurna DPR Ke-12 Masa Persidangan II Tahun Sidang 2022-2023.

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPR Puan Maharani yang didampingi Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad, Muhaimin Iskandar, Rachmat Gobel, dan Lodewijk Paulus.

"Apakah laporan Komisi I DPR atas hasil fit and proper test calon Panglima TNI tentang pemberhentian dengan hormat Jenderal Andika perkasa dari Panglima TNI dan pengangkatan Laksamana Yudo Margono jadi Panglima TNI dapat disetujui?" tanya Puan di ruang rapat paripurna DPR RI, Selasa 13 Desember 2022.

Serentak seluruh anggota DPR yang hadir menjawab setuju. Persetujuan tersebut merupakan langkah akhir menuju pelantikan Yudo sebagai Panglima TNI oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).
sinpo

Komentar: