Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar, Anggota Komisi III DPR: Deteksi Dini Terorisme

Laporan: Sinpo
Rabu, 14 Desember 2022 | 01:33 WIB
Anggota Komisi III DPR RI Supriansa saat rapat di Gedung Nusantara II, Senayan, Selasa (13/12/22). Foto: Jaka/Man
Anggota Komisi III DPR RI Supriansa saat rapat di Gedung Nusantara II, Senayan, Selasa (13/12/22). Foto: Jaka/Man

SinPo.id -  Anggota Komisi III DPR RI Supriansa menanggapi peristiwa bom bunuh diri yang terjadi di Polsek Astana Anyar Bandung. Ia menegaskan seluruh pihak khususnya kepolisian untuk melakukan deteksi dini.

“Saya kira dengan peristiwa itu maka BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme) sekaligus pihak kepolisian, kita harapkan lebih mengedepankan lagi deteksi dini terhadap kemungkinan kemungkinan kelompok kelompok atau orang orang yang akan melakukan tindakan bom bunuh diri itu bisa diantisipasi lagi lebih awal.” ujar Supriansa kepada Parlementaria di Gedung Nusantara II, Senayan, Selasa (13/12/22).

Ia mengaku sangat miris sekaligus prihatin mengingat pelaku bom bunuh diri tersebut merupakan seorang mantan narapidana dalam kasus terorisme. Maka dari itu, Ia menyarankan agar seluruh stakeholder menghadirkan teknik edukasi yang lebih baik kepada para tahanan. Edukasi ini nantinya memutus rantai kebiasaan buruk agar tidak terulang kembali.

“Semua stakeholder (perlu) berkesinambungan supaya lahir sebuah edukasi yang baik kepada warga binaan sehingga dia keluar tidak mengulang lagi. itu satu sisi. Sisi lainnya, ada kelompok-kelompok tertentu yang memungkinkan bisa berbuat seperti itu. Itu namanya ada melakukan pencegahan awal, namanya deteksi dini,” sambung politisi Fraksi Partai Golkar itu.

Ia pun menyarankan semua pihak khususnya masyarakat untuk membantu dan segera melaporkan hal- hal yang mencurigakan di lingkungan sekitar kepada kepolisian terdekat. “Jika ada Polsek terdekat, laporkan saja. Lebih bagus kita melakukan pencegahan dibanding terjadi baru kita menyesal. Nah itulah keterlibatan, jadi saya harapkan keterlibatan semua unsur sangat dibutuhkan dalam rangka melakukan pencegahan terjadinya bom bunuh diri seperti yang terjadi di Anyar ini,” jelas legislator dapil Sulawesi Selatan II itu.

Oleh karena itu, Supriansa turut mengingatkan pihak kepolisian agar meningkatkan kewaspadaan mengingat natal dan tahun baru akan datang, serta membuat langkah-langkah antisipasi bersama BNPT. Ia pun menegaskan agar semua pihak bahu membahu memberikan informasi kepada kepolisian agar dapat meningkatkan kembali daya intelijennya. sinpo

Komentar: