Kompak Tak Mengubah, Golkar Nomor 4 dan PKS Nomor 8

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 14 Desember 2022 | 15:31 WIB
Ilustrasi parpol/ Rumah Pemilu
Ilustrasi parpol/ Rumah Pemilu

SinPo.id - Partai Golkar tetap memilih nomor urut lama, yaitu 4 untuk Pemilu 2024. Partai berlambang pohon beringin ini menganggap semua nomor sama-sama memberi kebaikan.

"Golkar putuskan untuk tetap di nomor lama," kata Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai Golkar Nurul Arifin kepada wartawan, Jakarta, Rabu, 14 Desember 2022.

Nurul memastikan Golkar taat aturan. Partai besutan Airlangga Hartarto itu akan mengikuti apa pun yang menjadi keputusan pemerintah terkait Peraturan Pengganti Undang-undang (Perppu) tentang Pemilu.

"Sikap Golkar, kami patuh aturan saja. Apa pun yg jadi keputusan, itu adalah yang terbaik untuk semua. Semua opsi pastinya telah melalui diskusi bersama," ujar dia.

Menurut dia, semua nomor sama-sama memberi kebaikan bagi partai. Setiap partai politik (parpol), kata dia, bisa membangun filosofi dari nomor tersebut.

Hal senada disampaikan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Partai besutan Sohibul Iman itu tak masalah menggunakan nomor urut yang lama.

"Bagi PKS, tidak masalah nomor urut berapa pun. Semua insyaallah baik," kata Sekretaris Jenderal PKS Habib Aboebakar Alhabsyi dihubungi terpisah.

Menurut dia, nomor urut yang lama memudahkan PKS dalam menyosialisasikan partainya kepada masyarakat. Apalagi, PKS hadir dengan lambang baru di Pemilu 2024.

"Dan diharapkan akan lebih mudah untuk dikenal dan diterima di masyarakat," kata dia.

Di samping dari itu, Alhabsyi menyambut baik keputusan pemerintah yang mengeluarkan Perppu Pemilu. Dia menilai Perppu ini memperjelas pelaksanaan Pemilu 2024.

"Ini menunjukkan sikap pemerintah yang menjunjung tinggi konstitusi kita," tegas dia.sinpo

Komentar: