Cak Imin Minta Pemda Sediakan Layanan Satu Atap untuk Majukan UMKM

Laporan: Sinpo
Kamis, 15 Desember 2022 | 10:46 WIB
Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar/ SinPo.id/ Galuh Ratnatika
Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar/ SinPo.id/ Galuh Ratnatika

SinPo.id - Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar bersama Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dan Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid menghadiri acara pembukaan kegiatan UMKM Business Meeting Expo, yang diadakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan di DPR RI.

Cak Imin mengapresiasi kegiatan ini sebagai cara pendampingan untuk mendukung dan mempromosikan UMKM di Indonesia. Karena itu, ia mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) untuk membuat layanan satu atap untuk UMKM mendapatkan pelayanan administrasi dan perizinan.

“Saya minta kepada seluruh pemerintah daerah terutama di kota-kota yang UMKM-nya banyak jumlahnya membuat layanan satu atap untuk UMKM kita,” ujar Cak Imin dalam keterangannya, seperti dikutip dari Parlementaria, Kamis, 15 Desember 2022.

UMKM, kata Cak Imin, telah terbukti memiliki daya tahan, kemandirian, dan manfaat bagi ekonomi keluarga hingga ekonomi nasional. Karenanya, pelayanan satu atap sangat diperlukan karena bukan hanya untuk membantu UMKM dalam hal administrasi, tetapi juga dapat menumbuh kembangkan produktivitas UMKM.

"Saya minta pada para Bupati, Wali Kota di seluruh Indonesia untuk secepatnya membuat pelayanan satu atap. Kita sering memuja-muja UMKM, berterimakasih kepada UMKM, tetapi kita belum melayani dengan baik,” ucapnya.

Di sisi lain, ia juga mendorong DPR RI dan Pemerintah untuk mengkritisi ulang jenis bantuan UMKM sehingga tidak hilang di jalan. Seyogyanya, bantuan itu bersifat lebih produktif, seperti alat-alat yang menopang tingginya produktivitas sekaligus kebutuhan tantangan kemajuan teknologi.

"Karena banyak UMKM kita potensinya besar tetapi tidak bisa mengakses teknologi. Teknologi apa saja? Teknologi produksi, teknologi pemasaran, teknologi apapun yang bisa menopang dan buat UMKM kita lebih maju lagi,” pungkas politisi PKB ini.sinpo

Komentar: