Pengembangan Satelit Mata-mata Korea Utara Direncanakan Selesai 2023

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 19 Desember 2022 | 10:27 WIB
Peluncuran roket Korut/ KCNA
Peluncuran roket Korut/ KCNA

SinPo.id - Korea Utara telah melakukan uji fase akhir dalam pengembangan satelit pengintaian militer di stasiun peluncuran satelit Sohae, di Cholsan, Provinsi Pyongan Utara, yang rencananya akan diselesaikan oleh pada April 2023.

Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) melaporkan, sebuah roket yang membawa satelit uji coba termasuk beberapa kamera, pemancar dan penerima gambar, perangkat kontrol, dan baterai penyimpanan, telah diluncurkan pada ke ketinggian 500 km atau setara dengan 311 mil.

Menurut KCNA, tes tersebut dirancang untuk meninjau kemampuan pencitraan satelit, transmisi data, dan sistem kontrol darat.

“Kami mengkonfirmasi indikator teknis penting seperti teknologi pengoperasian kamera di lingkungan luar angkasa, pemrosesan data dan kemampuan transmisi perangkat komunikasi, akurasi pelacakan dan kontrol sistem kontrol darat,” kata juru bicara kedirgantaraan Korea Utara, Senin 19 Desember 2022.

Selain itu, Korea Utara juga menembakkan dua rudal balistik jarak menengah, yang terbang sekitar 500 km atau 311 mil sebelum jatuh ke laut lepas pantai timur.

Bahkan sebelumnya, Pyongyang mengumumkan bahwa mereka telah menguji mesin bahan bakar padat berdaya dorong tinggi yang menurut para ahli akan memfasilitasi peluncuran persenjataan rudal balistiknya yang lebih cepat dan lebih mobile.

Sementara dalam pertemuan darurat pada hari Minggu kemarin, pejabat tinggi keamanan Korea Selatan menyesalkan apa yang mereka gambarkan sebagai provokasi berkelanjutan Korea Utara.

Seperti diketahui, Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, telah berjanji untuk mengembangkan persenjataan berteknologi tinggi, termasuk satelit mata-mata dan senjata nuklir taktis. Hal itu sebagai sarana untuk mencegah dan memberikan informasi real-time tentang aksi militer oleh AS dan sekutu regional Korea Selatan lainnya.sinpo

Komentar: