Menhub Imbau Masyarakat Tak Gunakan Sepeda Motor untuk Mudik Nataru

Laporan: Sinpo
Senin, 19 Desember 2022 | 17:45 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi/ SinPo.id/ Ashar SR
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi/ SinPo.id/ Ashar SR

SinPo.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat, ada sekitar 16,35 persen atau 44,17 juta orang masyarakat yang akan melakukan mudik Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Menhub Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat tidak melakukan mudik Nataru menggunakan sepeda motor. Menurutnya, menggunakan sepeda motor untuk perjalanan jarak jauh sangat berisiko.

"Untuk motor, saya mohon kepada semua stakeholder, khususnya Polri untuk memperhatikan, dan melakukan suatu imbauan agar tidak mudik dengan motor karena relatif kurang aman untuk keselamatan," ujar Budi dalam keterangannya, Senin, 19 Desember 2022.

Budi menyebut, banyak opsi lain yang dapat digunakan untuk mudik saat libur Nataru. Salah satunya dengan menggunakan transportasi umum.

Menggunakan transportasi umum lebih aman daripada sepeda motor untuk mudik. Kemenhub sendiri telah bekerja sama dengan pihak terkait untuk menjamin keamanan pemudik saat libur Nataru.

"Kereta api, bus, pesawat dan penyeberangan, kapal laut, bisa menjadi pilihan-pilihan. Semoga itu bisa kita layani dengan baik," kata dia.
 sinpo

Komentar: