Survei DSI: Sosok Ini Berpotensi Menangi Pilpres 2024

Laporan: Bayu Primanda
Selasa, 20 Desember 2022 | 20:37 WIB
Ilustrasi/KPU
Ilustrasi/KPU

SinPo.id -  Dinamika Survei Indonesia (DSI) merilis hasil survei mereka terkait Pilpres 2024. Dalam survei tersebut sejumlah nama besar dipilih responden sebagai sosok yang tepat menjadi Presiden 2024 mendatang.

Direktur Eksekutif DSI, Permadi Yuswiryanto mengatakan, nama Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto keluar sebagai salah satu yang tertinggi dipilih responden.

Adapun penyebabnya, yakni Airlangga punya hubungan yang kuat dengan tingkat optimis masyarakat dalam menghadapi perekonomian tahun depan yang diprediksi akan mengalami krisis global.

"Jadi Airlangga Hartarto punya hubungan yang kuat dengan tingkat optimis masyarakat dalam menghadapi perekonomian tahun 2023 yang diprediksi akan menghadapi krisis Global," ungkap Permadi Yuswiryanto dalam rilis hasil surveinya pada Selasa, 20 Desember 2022.

Dari total 1.988 responden, Permadi menjelaskan bahwa nama Airlangga meraih 16,2 persen. Jumlah tersebut merupakan yang tertinggi diantara para kompetitornya.

"Jika digelar pilpres hari ini siapakah tokoh yang akan anda pilih maka hasil jawaban dari 1.988 respoden setelah ditabulasi, nama Airlangga Hartarto menjadi Tokoh yang paling tinggi tingkat keterpilihannya yaitu dipilih oleh 16,2 persen respoden," kata Permadi.

Di bawah Airlangga, ada sejumlah nama lain seperti Prabowo Subianto dengan 15,3 persen, Anies Baswedan dengan 10,7 persen.

Ganjar Pranowo dengan 9,2 persen, Puan Maharani 6,3 persen, Andika Perkasa 5,1 persen, Gatot Nurmantyo 3,8 persen.

Kemudian, Budi Gunawan 3,3 persen Moeldoko 3,2 persen ,Muhaimin Iskandar 1,6 Persen, Agus Harimurti Yudhoyono 1,2 persen, Sandiaga Uno 1,1 persen, Erick Thohir 1,1 persen.

"Tidak memberikan jawaban sebanyak 21,9 persen," jelas Permadi.

Menanggapi hasil survei tersebut, pengamat Politik universitas Sriwijaya (Unsri), Febrian mengatakan bahwa unggulnya Ketua Umum Airlangga dalam survei DSI adalah hal yang wajar.

Pasalnya, Airlangga Hartarto sosok yang ideal saat ini maju sebagai capres 2024 ketimbang Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

"Ya Airlangga unggul di DSI itu karena Airlangga sosok yang ideal ketimbang capres yang ada seperti Ganjar Pranowo dan Anies," kata Febrian kepada wartawan, Selasa, 20 Desember 2022.sinpo

Komentar: