Dukung PPKM Dicabut, Ini Catatan PAN untuk Pemerintah

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 22 Desember 2022 | 16:45 WIB
Ilustrasi PPKM/ NTMC
Ilustrasi PPKM/ NTMC

SinPo.id - Langkah pemerintah bakal mencabut pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) didukung. Upaya ini dianggap tepat sebagai respons meningkatkan pertumbuhan ekonomi di tengah ancaman resesi global.

"Tentu langkah terukur mencabut PPKM dan PSBB ini adalah bagian dari upaya pemulihan ekonomi apalagi kita menghadapi ancaman resesi global di tahun 2023 nanti," kata Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno di Jakarta, Kamis, 22 Desember 2022.

Namun, Sekjen PAN ini memberikan catatan penting mengenai kondisi Covid-19 yang saat ini merebak kembali di Tiongkok. Negara diminta tetap waspada.

"Kewaspadaan tetap perlu karena kita semua dengar bagaimana Tiongkok saat ini sedang menghadapi gelombang Covid-19, yang diduga juga mengakibatkan kematian," kata dia.

Catatan lain, Eddy meminta agar setelah PPKM dicabut pemerintah tetap menjalankan kebijakan vaksin booster secara masif sebagai upaya preventif.

"PPKM dicabut tapi vaksinasi dalam hal ini booster Covid-19 harus terus berjalan. Jangan sampai PPKM dicabut, booster juga ikut berhenti," kata dia. 

Eddy berharap setelah PPKM dicabut, pemulihan ekonomi bisa berjalan cepat dengan kebijakan yang inklusif dan pro-rakyat

"Salah satu catatan penting PAN di akhir tahun ini adalah pentingnya pemulihan ekonomi ini berjalan dalam bingkai kebijakan pro-rakyat, khususnya memperkuat daya beli dan kesehatan publik," kata Eddy.

 sinpo

Komentar: