Sambut Nataru 2023, Anggota Komisi III DPR Ingatkan Potensi Gangguan Keamanan

Laporan: Sinpo
Jumat, 23 Desember 2022 | 05:52 WIB
Ribuan pemudik padati Stasiun Pasar Senen saat libur Natal dan Tahun Baru (Ashar/SinPo.id)
Ribuan pemudik padati Stasiun Pasar Senen saat libur Natal dan Tahun Baru (Ashar/SinPo.id)

SinPo.id -  Anggota Komisi III DPR RI Moh. Rano Alfath mengingatkan kesiapan dan sinergitas aparat kepolisian dalam menangani Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) menjelang Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Rano mengimbau harus ada penguatan sinergitas aparat agar penanganan jelang Nataru agar berjalan dengan lancar, khususnya di tempat-tempat ibadah yang nantinya akan dipenuhi oleh umat Kristiani.

“Operasional Kamtibmas, kami minta ada penguatan khususnya terkait koordinasi pengamanan Hari Raya Natal dan Tahun Baru. Tolong pastikan maximum security untuk gereja-gereja, ke depankan deteksi dini untuk antisipasi ancaman dan segala gangguan yang mungkin muncul harus bisa dimitigasi dengan baik. Kita harus pastikan beri rasa aman ke sahabat-sahabat kita Umat kristiani agar bisa melakukan ibadah dengan aman, nyaman, dan tentram,” ujar Rano, seperti dilansir laman DPR.go.id

Terlebih, mengingat adanya beberapa insiden yang terjadi belakangan ini seperti pengeboman di Polsek Astanaanyar, Bandung, Rano menghmbau agar aparat penegak hukum bisa meningkatkan kesiagaan dan kewaspadaannya. “Libur Nataru paling rawan aksi terorisme dan radikalisme. Oleh karena itu aparat wajib meningkatkan kewaspadaannya dan kuatkan sinergi tidak hanya di kota besar saja tapi juga di daerah-daerah,” tegas Politisi Fraksi PKB itu.

Rano meminta seluruh lapisan aparat Kamtibmas bisa bersinergi secara serius dalam mengantisipasi ancaman atau gangguan dan melakukan penegakan hukum yang optimal, efektif dan efisien. “Intinya Security, perasaan bebas dari gangguan fisik dan psikis; Surety, perasaan bebas dari kekhawatiran; Safety, perasaan terlindung dari segala bahaya dan Peace, perasaan damai lahiriah dan batiniah harus benar-benar dipelihara agar masyarakat merasa terayomi sehingga bisa melakukan aktivitas tanpa diliputi rasa takut atau kekhawatiran,” tandas Rano.

Menutup pernyataannya, Rano juga mengimbau kepada masyarakat agar mendengarkan dan mematuhi imbauan dari pihak kepolisian. “Saya memahami bahwa antusiasme masyarakat dalam menyambut libur Nataru kali ini lumayan tinggi. Demi keselamatan dan kenyamanan bersama, saya juga himbau agar masyarakat selalu mematuhi regulasi atau prosedur yang dikeluarkan oleh aparat penegak hukum,” pungkas Legislator dapil Banten III itu. sinpo

Komentar: