Kepuasan pada Pemerintah Tinggi, Pengamat: Jokowi Berhasil Jaga Stabilitas Ekonomi

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 23 Desember 2022 | 18:21 WIB
Presiden Joko Widodo (SinPo.id/Instagram)
Presiden Joko Widodo (SinPo.id/Instagram)

SinPo.id - Tingginya kepuasaan publik terhadap kerja pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) patut disambut baik. Apalagi, hasil temuan survei yang dilakukan Charta Politika Indonesia, angka kepuasan responden terhadap kerja Jokowi sebesar 72,9 persen, tertinggi selama 2022.

Pengamat Politik Silvanus Alvin mengatakan peningkatan tren kepuasan kepada Jokowi sebagai bentuk apresiasi publik atas kinerja pemerintah dalam menjaga stabilitas ekonomi Indonesia. Terutama, memastikan masyarakatnya hidup dalam kondisi aman saat negara-negara besar dihantui ancaman resesi ekonomi. 

“Publik bisa puas apabila secara kantong dan perut mereka aman. Kantong bicara ekonomi. Memang ada hantu resesi ekonomi yang sedang mengetuk dunia global. Tapi dari berbagai ahli menyatakan Indonesia masih aman,” kata Silvanus saat dihubungi, Jumat, 23 Desember 2022.

Silvanus menyebut Jokowi berhasil membangkitkan ekonomi dari gejolak krisis global. Hal itu terlihat dari kebijakan yang tepat dalam penanganan ekonomi selama ini.

“Kemudian, soal perut terkait dengan pangan. Selama harga barang sembako masih aman, pemerintah pasti akan dianggap memiliki kinerja bagus,” kata dia.

Pengamat atau analis komunikasi politik dari Universitas Multimedia Nusantara (UMN) ini melanjutkan faktor lain yang menjadi katrol peningkatan kepuasan publik adalah keberhasilan pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 hingga kesuksesan kepemimpinan Joko Widodo (Jokowi) sebagai Presidensi G20.

“Hasil survei kepuasan publik ini yang menunjukkan tren positif patut diapresiasi. Salah satu asumsi saya yang memberi kontribusi besar pada hasil positif tersebut adalah penanganan pandemi dan terselenggaranya G20,” kata dia. 

Akademisi UMN itu menyatakan keberhasilan yang diraih oleh pemerintah tidak lepas dari kemampuan Jokowi meyakinkan kepala-kepala negara besar seperti Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Presiden China Xi Jinping, hingga Perdana Menteri Jepang Kishida Fumio.

“Hal ini tidak lepas dari Jokowi yang mampu menjadi tuan rumah penyelenggaraan konferensi tingkat tinggi tersebut. Presiden Amerika, Presiden China, PM India, PM Kanada, PM Jepang, dan sebagian besar hadir, bukan perwakilan atau utusan semata. Itu artinya wujud penghormatan tinggi pada Indonesia dan Jokowi,” ucapnya. 

Sebelumnya, survei yang diselenggarakan Charta Politika pada 8-16 Desember 2022 menunjukkan 72,9 persen responden mengaku puas terhadap kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya menyatakan tingkat kepuasan publik ini merupakan yang tertinggi sejak kemunculan Covid-19 pada Februari 2020.

"Angka ini bisa dikatakan paling tinggi sepanjang tahun 2022, lebih tinggi dibandingkan data bulan januari 2022 dan bahkan masih lebih tinggi juga dibandingkan situasi sebelum Covid-19," katanya.

Yunarto mengungkapkan pada Februari 2020, kepuasan terhadap pemerintah berada di angka 70,7 persen lalu anjlok menjadi 58,8 persen pada Mei 2020 akibat situasi pandemi.

Setelah itu, angka kepuasan publik cenderung fluktuatif sebelum mencapai 71,7 persen pada Januari 2022 sebelum kembali melorot ke sekitar 60-an persen akibat isu kenaikan harga bahan bakar minyak dan barang pokok lainnya. Namun, pada akhirnya, tingkat kepuasan terhadap pemerintah berhasil mencapai titik tertingginya di angka 72,9 persen pada bulan ini.sinpo

Komentar: