Libur Nataru, Pemda Didorong Maksimalkan Potensi Pariwisata

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 27 Desember 2022 | 12:09 WIB
Ilustrasi berwisata (SinPo.id/pixabay.com)
Ilustrasi berwisata (SinPo.id/pixabay.com)

SinPo.id -  Pemerintah pusat diminta menginstruksikan pemerintah daerah (Pemda) memaksimalkan kualitas destinasi favorit wisatawan di masing-masing wilayah. Peningkatan di sektor wisata diyakini dapat menggerakkan ekonomi nasional.

"Agar dapat terus menjaga kualitas dan kuantitas destinasi serta terus berupaya mewujudkan industri pariwisata yang mampu menjadi penggerak ekonomi nasional," kata Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet), Selasa, 27 Desember 2022.

Bamsoet juga meminta para pelaku usaha untuk tetap menjaga industri wisata agar meningkat menjadi industri pariwisata internasional. Mereka diharap tak  memanfaatkan momen-momen libur seperti Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 dengan menaikkan harga secara tidak wajar.

"Mengingat berdasarkan pengalaman sebelumnya, beberapa pelaku usaha terutama kuliner sempat menaikkan harga dengan tidak wajar. Hal ini menjadi salah satu faktor yang dapat merusak citra pariwisata Indonesia, sekaligus dapat menurunkan jumlah wisatawan yang akan datang ke Indonesia," kata Bamsoet menjelaskan.

Ia mendorong pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pariwisata terus memetakan kawasan-kawasan wisata di daerah untuk menjadi destinasi favorit. Sehingga, dapat dipromosikan potensi wisata dengan kearifan lokal yang dapat dikembangkan.

Hal itu dinilai penting agar mendatangkan lebih banyak lagi wisatawan serta tren kenaikan kunjungan wisatawan dari seluruh mancanegara ke Indonesia menjadi momentum untuk memperkuat sektor pariwisata.

"Dengan terus membangun serta pengembangan destinasi prioritas sehingga mampu menciptakan pemerataan dan pertumbuhan ekonomi dari sektor pariwisata," katanya.

 sinpo

Komentar: