Jaga Persatuan, Ketua MPR Ingatkan Parpol Tak Membangun Dikotomi Politik

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 28 Desember 2022 | 13:18 WIB
Bambang Soesatyo/MPR
Bambang Soesatyo/MPR

SinPo.id -  Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengingatkan seluruh peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 untuk mengedepankan kesatuan dan persatuan. Apalagi, kontestasi politik di Tanah Air mudah memicu eskalasi ketegangan politik dan rentan menyulut konflik horisontal.

"Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah menetapkan 17 partai politik sebagai peserta pemilu. Dalam kaitan ini, semua kontestan pemilu hendaknya mengedepankan kesantunan dalam berpolitik, membuang jauh-jauh dikotomi politik yang menyebabkan perpecahan pada kutub-kutub yang berseberangan," kata Bamsoet dalam keterangan tertulis, Jakarta, Rabu, 28 Desember 2022.

Bamsoet berharap seluruh elemen masyarakat menjadikan pemilu sebagai bagian penting dari proses pendewasaan politik dan pematangan demokrasi. Dia menegaskan tidak boleh ada lagi politik identitas yang membentuk polarisasi di tengah masyarakat.

Menurut dia, semua partai politik (parpol) boleh saling bersaing untuk mendapat dukungan masyarakat. Dengan catatan, tidak dengan membawa isu agama, suku, ras yang menciderai demokrasi Indonesia.

"Sudah bukan masanya lagi membawa-bawa isu agama, suku ataupun ras hanya untuk meraih suara terbanyak, tetapi menimbulkan dampak besar berupa perpecahan dikalangan masyarakat. Kebersamaan, persatuan dan kesatuan bangsa harus menjadi prioritas utama," kata Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini berharap setiap elemen bangsa membangun situasi dan mendorong koalisi parpol secara aman dan damai. Seluruh parpol dan masyarakat harus menjadikan pemilu dan pilkada serentak sebagai sebuah pesta demokrasi yang suka ria dan tidak memecah belah persatuan.

"Di akhir tahun 2022 ini perbincangan tentang suksesi kepemimpinan nasional menjadi topik di mana-mana. Harapan saya kepada seluruh elemen bangsa untuk membangun situasi dan mendorong koalisi partai politik secara aman dan damai," tegas Bamsoet.sinpo

Komentar: