DPR Ingatkan KSAL Baru untuk Terus Perhatikan Kedisiplinan Prajurit

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 28 Desember 2022 | 16:55 WIB
Anggota Komisi I DPR RI, Christina Aryani/ Instagram
Anggota Komisi I DPR RI, Christina Aryani/ Instagram

SinPo.id - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) baru, Laksamana Madya Mohamad Ali, yang hari ini dilantik Presiden Joko Widodo, diyakini mampu memimpin TNI Angkatan Laut dengan tugas-tugas dan tantangan yang sedemikian kompleks.

Menurut anggota Komisi I DPR RI, Christina Aryani, KSAL baru merupakan sosok yang mumpuni karena memiliki rekam jejak yang baik, sehingga ia menaruh harapan besar pada Laksamana Madya Muhammad Ali.

"Dari sisi pengalaman, Pak Ali punya rekam jejak baik dan mumpuni, pernah menjabat Gubernur Akademi Angkatan Laut, pernah juga sebagai Pangkoarmada," kata Christina, Rabu 28 Desember 2022.

Ia juga mengatakan bahwa selama menjabat sebagai Pangkogabwilhan I, sosok Muhammad Ali telah menunjukkan kualitas kepemimpinan yang diyakini bisa membawa TNI AL semakin maju dan profesional ke depan. Terlebih sosoknya juga sangat familiar bagi Komisi I.

"Sosok Muhammad Ali sudah familiar karena sering mendampingi KSAL dalam rapat-rapat kerja bersama Komisi I DPR RI. Sepengenalan kami karena interaksi saat Raker beliau orangnya ramah, tenang dan kooperatif," ungkapnya.

Lebih lanjut, Christina juga menitipkan beberapa isu penting yang patut menjadi perhatian seiring fokus Panglima TNI ke depannya. Christina juga optimis koordinasi antara KSAL dengan Panglima TNI akan baik ke depannya.

Selain itu, ia meminta agar KSAL yang baru memberi perhatian pada kasus menonjol yang menyangkut disiplin prajurit. Seperti kasus dimana KRI dimanfaatkan untuk membawa satwa langka dari Papua.

"Kami harap KSAL memastikan kejadian semacam ini tidak terulang lagi," pungkas Christina.sinpo

Komentar: