Ini Catatan Gerindra untuk KPU Soal Kotak Suara Kardus

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 29 Desember 2022 | 17:54 WIB
Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad/ Dok. Gerindra
Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad/ Dok. Gerindra

SinPo.id - Partai Gerindra memberi catatan bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait keputusan menggunakan kotak suara berbahan kardus di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Penggunaan kotak suara bahan kardus harus benar-benar memperhatikan kondisi cuaca. 

"Namun yang perlu menjadi catatan tersendiri adalah bahwa bulan Feburari nanti curah hujan cukup tinggi," kata Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, 29 Desember 2022.

Dasco meminta kotak suara dibuat dengan kardus yang lebih kuat dan tahan lama. Kesiapan yang matang diperlukan agar pelaksanaan Pemilu 2024 tak terhambat.

"Sehingga tidak menyebabkan yang tidak kita inginkan dalam pemilu," kata dia.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan kembali menggunakan kotak suara kardus di Pemilu 2024. Namun, kotak suara kardus yang digunakan berbeda dengan versi Pemilu 2019. KPU akan memperbaiki kualitas bahan kotak suara.

"Kami mempertimbangkan menempuh kebijakan kotak suara yang akan dipergunakan untuk penyelenggaraan Pemilu 2024 berbahan karton dupleks kedap air seperti di Pemilu 2019. Namun, dari spesifikasi barangnya besok akan kami perkuat," kata Komisioner KPU Yulianto Sudrajat beberapa waktu lalu.sinpo

Komentar: