Anggota Komisi VII DPR: Perlu Investigasi Kebakaran Smelter Nikel Gunbuster

Laporan: Sinpo
Sabtu, 31 Desember 2022 | 02:08 WIB
Anggota Komisi VII DPR RI Sartono Hutomo. Foto : Azka/Man
Anggota Komisi VII DPR RI Sartono Hutomo. Foto : Azka/Man

SinPo.id -  Anggota Komisi VII DPR RI, Sartono Hutomo angkat bicara mengenai insiden kebakaran pada smelter nikel milik PT Gunbuster Nickel Industry di Morowali Utara tanggal 22 Desember 2022 yang memakan korban jiwa.

Menurutnya, insiden kebakaran pada smelter nikel terbesar di Morowali Utara ini, perlu diinvestigasi dengan serius oleh aparat penegak hukum.

"Kita berharap aparat penegak hukum bisa transparan dan adil dalam melakukan investigasi terkait kebakaran pada smelter nikel tersebut," kata Sartono kepada wartawan, Jumat 30 Desember 2022. 

Politikus Partai Demokrat ini menegaskan, jika memang dalam investigasi terbukti ada kelalaian dari pihak perusahaan maka penegak hukum harus mengambil tindakan tegas karena insiden ini sampai memakan korban jiwa. Selain itu, Sartono jugha meminta perusahaan harus melakukan antisipasi agar kejadian tersebut tidak terulang.

"Diantaranya faktor apakah sudah memenuhi standarisasi kerja hingga sampai alat teknologi alat sudah sesuai prosedur atau tidak. Bukan hanya untuk mencari keuntungan semata tapi mengabaikan instrumen keselamatan kerja," tegas Sartono.

Lebih jauh, Sartono mengatakan jika dirinya sudah mengusulkan kepada pimpinan Komisi VII DPR agar melakukan kunjungan ke smelter tersebut untuk mengetahui penyebab utama terjadinya insiden kebakaran.

Tak hanya itu, Sartono mengaku jika Komisi VII akan memanggil pihak terkait terutama Kementerian ESDM, Kemenperin, pihak Gunbuster dan para ahli untuk meminta keterangan atas insiden tersebut. Hal ini dilakukan untuk mengetahui tingkat teknologi keamanan untuk mencegah kejadian serupa terjadi kembali di smelter lain.

"Intinya nanti saat masa sidang dimulai lagi kami akan panggil pihak terkait seperti ESDM dan Kemenperin untuk meminta keterangan terkait hal-hal tersebut termasuk teknologi safety di smelter-smelter lainnya agar kejadian yang sama tak terulang lagi," tukasnya.

Sebelumnya, sebuah tungku di fasilitas pengolahan dan pemurnian (smelter) bijih nikel menjadi Nickel Pig Iron (NPI) di Morowali Utara, Sulawesi Tengah, meledak dan terbakar pada pekan lalu, tepatnya pukul 03.00 WIB Kamis 22 Desember 2022 dini hari.

Akibat kejadian itu, dua karyawati operator alat berat di smelter tersebut dikabarkan menjadi korban meninggal dunia.

Adapun perusahaan pengelola smelter nikel tersebut yakni PT Gunbuster Nickel Industry (GNI).

PT GNI ini merupakan pemegang Izin Usaha Industri (IUI), sehingga kewenangan pengawasan berada pada Kementerian Perindustrian, bukan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).sinpo

Komentar: