Putin Sampaikan Pesan untuk Barat dalam Video Tahun Baru

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 01 Januari 2023 | 10:47 WIB
Vladimir Putin/AP Photo
Vladimir Putin/AP Photo

SinPo.id -  Dalam pesan video Tahun Baru yang disiarkan di TV pemerintah Rusia, Presiden Vladimir Putin mengatakan Rusia berjuang di Ukraina untuk melindungi tanah airnya dan untuk mengamankan kemerdekaan sejati bagi rakyatnya.

Ia mengatakan negaranya tidak akan pernah menyerah pada upaya Barat untuk menggunakan Ukraina sebagai alat untuk menghancurkan Rusia.

Dalam pesan video berdurasi sembilan menit yang merupakan pidato Tahun Baru terpanjang selama dua dekade pemerintahannya, Putin menuduh Barat berbohong kepada Rusia dan memprovokasi Moskow untuk meluncurkan apa yang disebutnya sebagai operasi militer khusus di Ukraina.

"Selama bertahun-tahun, elit Barat dengan munafik meyakinkan kami tentang niat damai mereka," katanya dalam pidato yang difilmkan di depan personel militer Rusia di markas distrik militer selatan Rusia, dilansir dari CNA, Minggu 1 Januari 2023.

"Faktanya, dengan segala cara mereka mendorong neo-Nazi yang melakukan terorisme terbuka terhadap warga sipil di Donbas," kata Putin dalam pidato Tahun Baru yang sangat agresif.

Putin dengan tegas menyebut bahwa Barat berbohong tentang perdamaian. Menurutnya, Barat sedang menyiapkan agresi dengan menggunakan Ukraina dan rakyatnya untuk melemahkan dan memecah belah Rusia.

"Kami tidak pernah mengizinkan ini, dan tidak akan pernah mengizinkan siapa pun melakukan ini kepada kami," kata kantor berita pemerintah Rusia mengutip ucapan Putin.

Sementara itu, Kyiv dan Barat menolak klaim Moskow atas dimulainya konflik dan mengatakan Putin meluncurkan perang agresi tak berdasar dalam upaya untuk merebut wilayah dan menggulingkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.sinpo

Komentar: