Pencabutan PPKM Berdampak Positif Bagi Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 02 Januari 2023 | 11:57 WIB
Ilustrasi tempat wisata,/ Instagram
Ilustrasi tempat wisata,/ Instagram

SinPo.id - Keputusan pemerintah untuk memcabut Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dinilai akan berdampak positif terhadap kinerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, dengan mobilitas masyarakat yang tidak lagi dibatasi, akan meningkatkan minat dan kepercayaan wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

"Dampak terhadap pariwisata akan sangat positif, akan sangat signifikan, sehingga kita semakin yakin target pencapaian wisatawan nusantara yang dua kali lipat mencapai 1,4 miliar pergerakan dan wisatawan mancanegara ke 7,4 juta," kata Sandiaga, Senin 2 Januari 2023.

Meski demikian, ia tetap mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada, dengan meningkatkan vaksinasi booster, serta penggunaan masker di ruangan tertutup atau pun di tengah kerumunan.

"Jangan lupa kita harus tetap waspada, kita harus tetap tekankan kesiapsiagaan. Walaupun masker sudah bisa ditinggalkan, tapi ada panduan bahwa untuk di ruang tertutup atau saat kita kurang sehat atau saat kita di kerumunan, masker ini tetap digunakan," paparnya.

Sementara itu, untuk tahun 2023 dan 2024, Menparekraf telah menargetkan 4,4 juta lapangan kerja baru di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Dia berharap target itu dapat direalisasikan.sinpo

Komentar: