BMKG dan PVMBG Harus Masif Informasikan Potensi Bencana lewat Medsos

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 03 Januari 2023 | 12:41 WIB
Bambang Soesatyo/MPR
Bambang Soesatyo/MPR

SinPo.id -  Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bersama Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (PVMBG) diminta terus menyampaikan informasi terkini soal potensi bencana, khususnya gempa bumi di Tanah Air.

Informasi itu bisa disampaikan melalui media sosial yang mudah diakses masyarakat.

"Sebagai upaya memberikan peringatan dini kepada masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut dalam menghadapi potensi apabila adanya gempa susulan. Mengingat, di beberapa wilayah tersebut gempa bumi susulan terjadi hingga 2 kali atau lebih," kata Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) kepada wartawan, Selasa, 3 Januari 2023.

Bamsoet juga meminta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk memperhatikan informasi yang disampaikan oleh BMKG dan PVMBG.

"Guna mempersiapkan diri dan untuk mengecek kondisi atau keadaan di wilayah-wilayah tersebut, guna memastikan tidak adanya korban jiwa, warga yang terluka ataupun kerugian akibat gempa," ucapnya.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini juga meminta kementerian atau lembaga terkait untuk terus meningkatkan kemampuan dalam menghadapi kondisi bencana hidrometeorologi yang belakangan sering terjadi di sejumlah wilayah. Sehingga, perlunya kesiapan dan kesiagaan pemerintah untuk meminimalisir dampak negatif pascabencana.

"Salah satunya dengan melakukan pemetaan wilayah serta memperkuat upaya deteksi dini dan keakuratan data/informasi," kata dia.

Terakhir, dia mengimbai seluruh masyarakat agar tetap mengikuti informasi resmi dan meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana yang bisa terjadi kapan pun. Salah satunya, dengan mengikuti update kondisi atau potensi kebencanaan melalui laman resmi milik BMKG atau pemerintah daerah setempat.sinpo

Komentar: