Kepuasan Terhadap Kinerja Jokowi Meningkat, Elektabilitas Anies Nyungsep

Laporan: Sinpo
Kamis, 05 Januari 2023 | 10:46 WIB
Anies Baswedan saat hadiri pemeriksaan KPK/ SinPo.id/ Khaerul Anam
Anies Baswedan saat hadiri pemeriksaan KPK/ SinPo.id/ Khaerul Anam

SinPo.id - Indikator Politik Indonesia melaksanakan survei, pada 1 sampai 6 Desember 2022 lalu. Survei dilakukan untuk mengukur elektabilitas Anies Baswedan dan Prabowo Subianto teranyar.

"Dalam temuan survei kali ini elektabilitas Anies Baswedan 28.3 persen, atau turun hampir mencapai 4 persen dari elektabilitas dua bulan lalu 32.2 persen," ucap peneliti Indikator Politik Indonesia Bawono Kumoro, Kamis, 5 Januari 2023.

Bawono menyebut, kenaikan approval rating Presiden dalam temuan survei periode ini menjadi salah satu faktor yang memiliki kontribusi terhadap tingkat penuruan elektabilitas Anies. Sedangkan kenaikan tingkat elektabilitas Anies dalam survei periode lalu terjadi saat terjadi penuruan dari approval rating Presiden.

"Karena Anies memang dipersepsikan pemilih sebagai figur bakal Capres antitesis Jokowi," ucapnya.

Hal sebaliknya, kata Bawono, terjadi pada Prabowo Subianto. Elektabilitas survei pria yang biasa disapa Pak Bowo justru meningkat, jika dibandingkan dua bulan lalu.

"Bila di temuan survei Indikator dua bulan lalu elektabilitas dari Prabowo Subianto 23.9 persen, maka temuan survei periode kali ini elektabilitas mantan Pangkostrad tersebut naik hampir empat persen mencapai 26.8 persen," jelasnya.

Penguatan elektabilitas Pak Bowo, kata Bawono, bersamaan dengan penguatan dari approval rating Presiden di survei kali ini. "Ini menunjukkan pemilih melihat Prabowo Subianto sebagai figur bakal capres sejalan dengan Presiden Jokowi serta juga berdedikasi tinggi sebagai Menteri Pertahanan dalam kabinet," ucapnya.
 sinpo

Komentar: