Hasil Investigasi Sementara, Kebakaran Smelter Nikel di Morowali Disebabkan oleh Peralatan

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 05 Januari 2023 | 12:57 WIB
Ilustrasi kebakaran/ Pixabay
Ilustrasi kebakaran/ Pixabay

SinPo.id - Berdasarkan hasil investigasi sementara, insiden kebakaran di pabrik pengelolaan dan pemurnian (smelter) nikel milik PT Gunbuster Nickel Industry (GNI), diduga disebabkan oleh peralatan yang digunakan.

Meski demikian, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Bambang Haryadi, yang meninjau langsung ke lokasi, mengatakan investigasi oleh pihak berwajib hingga kini masih berlanjut untuk mengetahui penyabab pasti kebakaran tersebut.

"Kita ingin mendalami dan mengetahui apakah perawatan peralatan sudah dilakukan sesuai aturan, apakah sudah dilakukan cek berkala, layak digunakan, juga perlu adanya kalibrasi untuk semua peralatan," kata Bambang, Kamis 5 Januari 2023.

Ia menegaskan bahwa semua itu harus diperhatikan oleh pihak-pihak terkait, perusahaan dan juga Kementrian Perindustrian selaku pengawas. Pasalnya, kemungkinan besar insiden kebakaran yang terjadi berasal dari peralatan yang digunakan.

Lebih lanjut, Bambang berharap ada pendalaman kelayakan dari peralatan-peralatan yang digunakan pihak PT GNI, agar tidak lagi memakan korban jiwa lebih banyak. Ia juga menekankan kepada semua Perusahaan smelter supaya tidak mengenyampingkan keselamatan para karyawannya.

"Perlu menjadi perhatian khusus bagi semua perusahaan smelter tidak boleh semena-mena. Contoh peralatan yang digunakan harus di cek berkala, harus ada lembaga yang dapat melegitimasi, yang dapat memastikan bahwa semua peralatan layak digunakan," ungkapnya.

Selain itu, Komisi VII juga mendesak Kemenperin untuk melakukan evaluasi menyeluruh terhadap PT GNI dan smelter lainnya yang berada di seluruh Indonesia, agar tidak hanya berorientasi pada keuntungan semata.

 

 

 sinpo

Komentar: