Media Mitra Kodam Jaya Kunjungi Museum Jayakarta

Laporan: Jihan Nabila
Kamis, 05 Januari 2023 | 15:00 WIB
Wartawan Mitra Kodam Jaya berkunjung ke Museum Jayakarta
Wartawan Mitra Kodam Jaya berkunjung ke Museum Jayakarta

SinPo.id -  Dengan diresmikannya Museum Jayakarta oleh KASAD Jenderal TNI Dr Dudung Abdurachman pada tanggal 22 Desember 2022 yang lalu, hari ini terlihat beberapa wartawan Mitra Kodam Jaya berkunjung ke Museum Jayakarta, Kamis 5 Januari 2023. 

Terlihat ada 8 (delapan) orang wartawan yang berkunjung ke Museum Jayakarta yaitu Jihan dari Sinpo TV, Sumantri dari Metro TV, Yuli dari Pelita Baru, Egy dari Laraspostonline.com, James dari Purnapolri.net, Monti dari Inapos.com, Marsudi dari  Hariansentana.com dan  Asmin dari Laras Post.

Egi salah seorang wartawan dari Laraspost.com menyampaikan, kunjungan rekan-rekan media mitra Kodam Jaya hari ini dalam rangka melihat langsung barang-barang bersejarah yang dipajang di Museum Jayakarta.

Dikesempatan itu juga Yuli dan Jihan mengungkapkan, "kami mengucapkan terima kasih telah diberikan kesempatan untuk mengunjungi Museum Jayakarta dan turut merasa terharu serta bangga dengan berdirinya Museum Jayakarta ini, ucapnya.

Lebih lanjut Marsudi menambahkan dengan mengunjungi Museum Jayakarta selain dapat menambah ilmu dan pengetahuan tentang sejarah Kodam Jaya/Jayakarta juga sejarah perjuangan bangsa, tambahnya.

Diakhir kunjungan rekan-rekan media mengatakan ini merupakan momentum bersejarah bagi mereka dimana hari ini sebagai pengunjung pertama setelah diresmikannya Museum Jayakarta.

Selain rekan-rekan waratan juga terlihat 3 orang Mahasiswa dari Politeknik Negeri Media Kreatif Animasi, Alif Rafi, Muhammad Daffa dan Wulida Martha juga berkunjung ke Museum Jayakarta.

Untuk diketahui didirikannya museum Jayakarta atas prakarsa  Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Untung Budiharto, 
Mengenai jumlah koleksi benda bersejarah di museum saat ini ada  puluhan benda bersejarah didapatkan dari satuan-satuan jajaran Kodam Jaya yang dinilai dapat bercerita tentang sejarah terbentuknya Kodam Jaya dan juga di dapat dari hibah/pemberian oleh para Mantan Pangdam Jaya terdahulu.

Setelah diresmikan penggunaan Museum Jayakarta oleh Bapak KASAD Jenderal TNI Dr Dudung Abdurachman pada tanggal 21 Desember 2022 yang lalu maka Museum Jayakarta dibuka untuk umum dan tujuan dari Pembangunan Museum Jayakarta adalah untuk memberikan edukasi bagi generasi muda tentang cikal bakal dan kiprah Kodam Jaya dari masa kemasa maka untuk waktu kunjungan pada hari libur nantinya akan dibuka.

Koleksi benda-benda bersejarah di Museum Jayakarta, kemungkinan besar akan terus bertambah agar terpenuhi nilai-nilai sejarah mengenai Kodam Jaya dari masa-masa.

Agar masyarakat lebih mengetahui akan keberadaan Museum Jayakarta, Kodam Jaya telah mempublikasikan Peresmian Museum Jayakarta oleh Bapak KASAD Jenderal TNI Dr Dudung Abdurachman baik di website Kodam Jaya dan juga rekan-rekan media baik di media elektronik, media cetak dan media online juga turut ikut serta mempublikasikan agar masyarakat mengetahui bahwa Kodam Jaya telah membangun Museum Jayakarta dan dibuka untuk umum.sinpo

Komentar: