Tekan Kriminalitas, Pemprov DKI Jakarta didesak Perbanyak Titik CCTV

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 05 Januari 2023 | 17:21 WIB
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)

SinPo.id -  Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta didesak perbanyak titik CCTV agar dapat menekan tindak kriminalitas yang marak terjadi. Usulan itu juga terkait  terungkapnya kasus penculikan anak di daerah Gunung Sahari, Jakarta Pusat yang hilang hampir sebulan.

“Kita harus mengupayakan Jakarta jadi kota yang aman dari kriminalitas. Jika ada kejadian pun kita inginnya cepat terungkap. Dalam hal ini Pemprov DKI bisa ikut andil dengan memperbanyak titik CCTV,” kata Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta Anggara Wicitra Sastroamidjojo Kamis, 5 Januari 2022.

Anggara mengungkapkan, selain untuk membantu penegak hukum menjalankan tugas, banyaknya keberadaan CCTV di sejumlah titik juga sebagai upaya pencegahan terjadinya kejahatan.

“Jika banyak CCTV para pelaku juga akan berpikir dua kali saat ingin melakukan kejahatan,” ujar Anggara menambahkan.

Ia mengatakan, CCTV mencegah terulangnya kasus penculikan serta mereduksi kasus kriminalitas lain yang marak di Jakarta seperti tawuran, narkoba dan pencurian.

Pemprov DKI Jakarta dapat berkoordinasi dengan Kepolisian setempat untuk penentuan titik pemasangannya,” kata Anggara menegaskan.

Sebelumnya, seorang bocah berusia enam tahun menjadi korban penculikan di Gunung Sahari, Jakarta Pusat. Penculikan diketahui terjadi pada Rabu, 7 Desember 2022.

Aksi penculikan itu sempat terekam oleh CCTV yang ada disekitar lokasi. videonya pun viral tersebar di media sosial. Kemudian aparat kepolisian berhasil menangkap pelaku penculikan bocah tersebut di wilayah Ciledung, Tanggerang Selatan pada Senin malam, 2 Januari 2023.sinpo

Komentar: