Pemprov DKI Tanam Ribuan Pohon Untuk Wujudkan Jakarta Hijau

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 06 Januari 2023 | 13:59 WIB
Penanaman Pohon dan tanaman di kolong tol Becakayu/ Pemprov DKI
Penanaman Pohon dan tanaman di kolong tol Becakayu/ Pemprov DKI

SinPo.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melakukan penanaman 10.200 pohon di jalan Laksamana Malahayati, Kalimalang, Duren Sawit, Jakarta Timur. Penanaman dilakukan sebagai bentuk penghijauan kota serta optimalisasi lahan Fasilitas Umum (Fasum).

Penanaman ribuan pohon ini dilakukan di sepanjang jalur hijau tepian sungai Kali Malang, di bawah kolong tol Becakayu sepanjang lima kilometer.

"Saya ingin tunjukkan bahwa ini harus dirawat. Saya sebutkan hari ini tanam 10.200 pohon di sepanjang area kolong tol," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono kepada wartawan di Jakarta Timur, Jumat, 6 Januari 2023.

Heru menjelaskan, lahan yang dilakukan penghijauan merupakan milik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang dikelola oleh Jasa Tirta II.

"Jadi ini ada dua (lahan), satunya lagi milik BPJT. Kita ingin menunjukkan bahwa lokasi tersebut harus dirawat," ujarnya.

Heru berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi agar mau bekerja sama dengan DKI Jakarta dalam menjaga keasrian dan keindahan kawasan kolong tol Becakayu.

Pemprov DKI, kata Heru, siap untuk menyumbangkan pohon kepada Pemkab Bekasi agar bersama-sama melakukan penghijauan di kolong tol Becakayu dengan menanam pohon.

"Kita sama-sama menjaga keasrian lingkungan agar selalu hijau, sehingga upaya menjaga sumber air bersih di Jakarta terus berlanjut," ujarnya.

Selain pohon, Pemprov juga menanam tanaman sayur dan buah. Seperti Mangga, Kelapa, Jambu, Cabai, Terong,Tomat, hingga Sawi. Selanjutnya, program penanaman ini akan rutin dilakukan dengan menanam berbagai jenis pohon dan tanaman hias di sejumlah wilayah DKI Jakarta.

Terkait hasil buah dan sayur yang nantinya akan dihasilkan, Heru mempersilakan untuk dimanfaatkan. Ia mengingatkan yang terpenting lahan dan lokasi penanaman ini bisa terjaga dan terus berlangsung sampai Bekasi.sinpo

Komentar: