29 Orang Tewas Dalam Penangkapan Putra El-Chapo

Laporan: Bayu Primanda
Sabtu, 07 Januari 2023 | 10:25 WIB
Ovidio Guzman/Reuters
Ovidio Guzman/Reuters

SinPo.id -  Sebanyak 29 orang tewas terbunuh dalam proses penangkapan gembong narkoba Ovidio Guzman putra dari Joaquin "El Chapo" Guzman, raja narkoba yang kini berada di penjara Meksiko.

Berdasarkan keterangan dari Menteri Pertahanan Meksiko, Luis Cresencio Sandoval, mereka terbunuh dalam rangkaian upaya penangkapan gembong narkoba tersebut di negara bagian Sinaloa. sebanyak 29 orang tersebut terdiri dari 19 orang terduga anggota geng dan 10 sisanya merupakan tentara.

"Para anggota Kartel Sinaloa dan rekan-rekan mereka mengamuk, menyerang pasukan keamanan, membakar kendaraan dan memblokade jalan-jalan di Sinaloa," ujar Luis dilansir dari Reuters, Sabtu, 7 Januari 2023.

Bentrokan antara aparat dan kartel narkoba itu terkonsentrasi di ibu kota Sinaloa, Culiacan dan sekitarnya. Diketahui, Sinaloa merupakan sarang terbesar dari kartel yang dulu pernah dipimpin El Chapo sebelum dia ditangkap pada 2016 dan diekstradisi ke Amerika Serikat pada 2017.

Selain membasmi antek gembong narkoba, Luis mengatakan bahwa aprat juga meringkus 21 orang yang diduga terlibat dengan kartel tersebut.

"Aparat juga menangkap 21 orang dalam operasi tersebut," kata Luis.

Sementara itu, Luis menepis adanya korban tewas dari unsur masyarakat sipil dalam peristiwa berdarah tersebut.

Sebagai informasi, Ovidio Guzman (32) ditangkap pada Kamis, 5 Januari 2023  dini hari waktu setempat. Penangkapan itu memicu baku  tembak antara aparat dan anggota geng, kata Sandoval.

"Guzman kemudian dibawa menggunakan helikopter dari rumah tempat dia ditangkap dan diterbangkan ke Mexico City," kata sang Luis.

Kini, Guzman telah ditahan di penjara federal dengan penjagaan maksimum.

Demi mencegah serangan balik simpatisan Guzman, ribuan tentara disiagakan di wilayah Sinaloa dan sekitarnya.sinpo

Komentar: